Tips Memilih Plastik Minuman Untuk Packaging Bisnis ProdukAnda

Tips Memilih Plastik Minuman Untuk Packaging Bisnis ProdukAnda

Plastik Minuman Aman Untuk Packaging Minuman – Mau usaha minuman kekinian, wajib tahu ini! Penggunaan plastik minuman yang tepat dapat meningkatkan penjualan produk anda.

Berbicara tentang bisnis minuman memang selalu ada ide-ide kreatifnya. Ada banyak sekali gagasan yang bisa Anda coba untuk berkreasi dan menciptakan brand Anda sendiri, mulai dari modifikasi bahan, rasa, hingga kemasan plastik minuman.

Maka tak heran banyak orang yang tertarik untuk terjun dalam bisnis ini karena prospeknya yang sangat menjanjikan. Tidak sedikit orang yang telah sukses menghasilkan omset puluhan hingga ratusan juta dari bisnis minuman.

Anda bisa mengembangkannya dengan membuat angkringan kekinian, cafe, industri rumahan, membuka stan minuman, dan lain-lain. Nah, salah satu elemen penting dalam bisnis ini adalah plastik minuman.

Tentu Anda tak boleh asal-asalan dalam memilih plastik minuman sebagai kemasan. Lalu, apa saja yang perlu Anda ketahui? Langsung simak artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Apa Itu Plastik Minuman?

Sebenarnya plastik mencakup seluruh produk sintetis yang dibuat sedemikian rupa dari berbagai kondensasi organik dan zat polimer lain. Sedangkan Plastik minuman lebih mengarah ke pemanfaatan plastik sebagai kemasan minuman & Packaging Minuman.

Plastik digunakan karena memiliki sifat yang mampu melindungi minuman dari debu namun tetap rapi atau tidak mudah tumpah. Plastik juga sangat fleksibel karena itu plastik mudah dibentuk.

Perkembangan zaman pemanfaatan plastik minuman tidak hanya sebagai pembungkus saja, namun plastik minuman juga dapat menjadi lahan promosi hingga branding. Karena dengan kemasan yang menarik akan mampu mendatangkan pelanggan yang membeli.

Segala upaya dilakukan dalam mengembangkan plastik minuman terutama di dalam bisnis minuman. Mulai dari plastik kopi, cup boba hingga kemasan plastik yang menyerupai bantal dibuat untuk menarik minat pelanggan.

Kenapa Harus Plastik Minuman sebagai Kemasan

Banyak fungsi dan manfaat yang bisa Anda rasakan dari penggunaan plastik minuman sebagai kemasan, terutama bagi Anda yang memiliki bisnis minuman. Berikut penjabaran singkatnya.

  1. Menjaga Agar Minuman Tetap Higienis

Pengemasan menggunakan plastik minuman dapat menjaga produk minuman Anda tetap higienis, dan tentunya tidak mudah tumpah karena plastik tidak mudah sobek. Itu karena kemasan terbuat dari plastik yang sifatnya kedap air.

Tak hanya itu, dengan menggunakan plastik ini, itu berarti Anda juga membantu dalam mengurangi pemborosan minuman serta menjaga nutrisi dan rasa dari minuman.

Penggunaan plastik yang tepat sangat diperlukan agar produk anda tetap terjaga. Jika minuman anda adalah minuman panas seperti kopi misalnya. Anda harus lebih bijak dalam memilih plastik kopi yang sesuai standar keamanan

  1. Produk Tidak Mudah Tumpah

Kini banyak modifikasi kemasan plastik minuman sangat beragam. Tujuan utamanya simpel, selain membuat produk terjaga kehigienisannya. Modifikasi tersebut membuat minuman tidak mudah tumpah.

Kita ambil contoh cup kopi yang memiliki tutup serbaguna dimana bisa menjadi tatakan cup agar tidak mudah goyang namun juga bisa menjadi wadah sedotan karena telah disediakan tempat untuk menaruh sedotan.

Selain lebih praktis penggunaan modifikasi seperti ini menjadi terobosan dan daya tarik tambahan bagi pelanggan yang hendak membeli produk minuman anda. Namun anda harus mempertimbangkan kembali apakah setiap modifikasi itu bermanfaat atau hanya menambah ongkos produksi saja.

  1. Pengemasan Jadi Lebih Efisien

Bahan plastik memang dinilai tidak ramah lingkungan karena karakteristiknya yang sukar untuk hancur. Bahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa plastik membutuhkan waktu ribuan tahun untuk bisa lebur secara alami.

Namun, bahan yang terkandung dalam material plastik juga nyatanya efektif dan efisien untuk keperluan pengemasan, baik itu untuk makanan dan minuman.

Maka dari itu lah, kini teknologi terus mengembangkan inovasi material plastik yang dapat didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan dan aman digunakan sebagai kemasan.

  1. Harga Yang Lebih Terjangkau

Harga yang lebih terjangkau menjadi alasan utama penggunaan plastik minuman. Karena sebagai pelaku bisnis kecil hal seperti pelengkap dari produknya harus sebisa mungkin selalu seimbang dengan hitungan Harga Pokok Penjualan.

Misal untuk sebuah warung kopi saat pelanggan meminta kopinya dibungkus untuk dibawa pulang. Untuk kelas warung biasanya kemasan tidak menjadi hitungan tambahan pembayaran, dengan kata lain plastik kopi tersebut gratis.

Dengan menggunakan plastik minuman yang punya harga yang lebih terjangkau keuntungan dari sebuah warung tidak akan terpangkas sebanyak saat menggunakan kemasan dari bahan lain seperti logam, kayu ataupun kaca.

  1. Sarana Branding dan Promosi

Dengan perkembangan zaman dan teknologi pembuatan kemasan minuman semakin beragam. Kini kemasan juga bisa disablon dan kita pasangi apa saja. Mulai dari logo, tagline hingga quotes.

Tak jarang kemasan disisipkan promosi dengan memasukkan informasi penting di dalam media kemasan plastik tersebut. Hal ini juga menjadi salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan plastik minuman sebagai kemasan.

Dengan plastik minuman sebagai sarana informasi dan promosi dengan sistem getok tular anda juga dapat memperluas jaringan bisnis minuman anda. Mungkin yang jadi PR untuk anda adalah mendesain sedemikian sehingga kemasan minuman anda dapat menarik minat pelanggan anda

Jenis Plastik Apa yang Cocok Untuk Kemasan Minuman?

Tidak semua plastik dapat dijadikan plastik minuman. Beberapa jenis bahkan sangat berbahaya. Berikut beberapa jenis yang dapat anda jadikan kemasan produk pada bisnis anda. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Polyethylene Terephthalate (PET / PETE)

Jenis plastik ini menjadi jenis pertama yang dapat anda jadikan kemasan minuman 1x pakai. Ditandai dengan simbol daur ulang dengan angka 1. Penggunaan jenis plastik ini juga sangat banyak digunakan pada dunia bisnis air mineral.

Salah satu contoh penggunaannya pada botol air mineral. Namun jenis plastik ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan yang kedua kalinya. Apalagi saat kondisi produk yang panas.

Karena bahan jenis ini tidak memiliki sifat tahan terhadap suhu tinggi. Jenis bahan ini mudah meleleh dan jika masuk ke tubuh dapat menyebabkan penyakit dalam jangka panjang.

  1. High Density Polyethylene (HDPE)

Plastik jenis ini ditandai dengan simbol daur ulang bedanya angka yang di tengahnya adalah angka 2 serta tulisan HDPE di bagian bawah.Plastik minuman jenis ini memiliki sifat bawaan yang lebih kuat, keras dan memiliki warna yang lebih buram.

Selain itu, juga lebih tahan terhadap suhu tinggi. Hal ini mungkin karena plastik jenis plastik ini terbuat dari bahan utama minyak bumi. Walaupun bisa digunakan berulang kali plastik ini lebih aman jika penggunaannya hanya sekali pemakaian saja.

Golongan plastik ini sering digunakan untuk kemasan minuman seperti galon minuman, ada juga penggunaan lain seperti kemasan sabun, botol deterjen dan beberapa kemasan lain yang membutuhkan kemasan yang tebal.

  1. Low Density Polyethylene (LDPE)

Jenis plastik selanjutnya adalah Low Density Polyethylene atau sering disebut dengan LDPE karena nomor daur ulang yang tertera adalah angka 4 di bagian bawah simbol recycling-nya

Anda pasti kerap menjumpai jenis plastik ini digunakan pada produksi kantong plastik atau kresek. Selain untuk makanan, plastik LDPE juga bisa dijadikan sebagai kemasan minuman.

Jenis plastik ini memiliki sifat lebih elastis dan juga daya tahan yang cukup tinggi. LDPE bisa digunakan berulang kali. Namun jika anda ingin menggunakannya kembali pastikan kemasan dalam kondisi yang bersih dan tanpa cacat, seperti sobek, berlubang, dan sebagainya.

Model-Model Plastik Minuman Berdasarkan Jenis Minuman

Sebagai pemilik bisnis minuman, tentu Anda perlu mengetahui model-model plastik minuman seperti apakah yang cocok untuk Anda gunakan sebagai kemasan. Hal ini karena model kemasan juga dapat mempengaruhi penjualan Anda.

Anda pun pasti sering menjumpai aneka jenis minuman yang dikemas dalam berbagai model kemasan yang berbeda-beda, tergantung jenis minuman yang dijual. Jadi, apa saja model kemasan plastik yang biasanya digunakan sebagai wadah minuman?

Simak penjelasannya dalam daftar berikut ini!

  1. Plastik Kopi

Jenis minuman yang pertama adalah kopi. Umumnya, model plastik minuman yang dipakai untuk mengemas kopi adalah plastik klip berdiri.

Kemasan minuman jenis ini memang banyak dipakai oleh pemilik bisnis minuman kopi, baik itu industri besar maupun UMKM. Ada beberapa keuntungan dari penggunaan model kemasan plastik minuman ini.

Antara lain lebih praktis dan mudah diletakkan di mana saja karena posisinya yang dapat berdiri dengan seimbang. Bukan cuma itu, plastik klip berdiri juga memudahkan Anda dalam proses pengemasan kopi agar tidak mudah tumpah.

Keuntungan lainnya adalah terdapat klip yang mampu memberikan perlindungan lebih maksimal dari kontaminasi debu dan bakteri dari luar. Penggunaan plastik klip berdiri untuk kemasan kopi pasti sering Anda jumpai di supermarket, minimarket, maupun stan-stan penjual minuman.

Ada beberapa ukuran plastik kopi yang bisa Anda sesuaikan dengan berat dan kapasitas kopi yang ingin Anda jual, mulai dari kemasan ukuran 20 gram dengan harga rata-rata Rp. 500 per pcs, seperti merk-merk kopi komersial.

Ada juga yang berkapasitas hingga 500 gram yang harganya dibandrol rata-rata berkisar Rp. 3.500 per pcs. Selain kopi, plastik klip berdiri juga bisa digunakan untuk kemasan puding atau aneka snack.

  1. Plastik Jus Buah

Jus buah merupakan minuman sejuta umat selanjutnya setelah kopi. Banyak pelaku usaha yang menggunakan kemasan berbeda-beda untuk memasarkan jus buah. Ada yang menggunakan cup plastik, standing pouch, maupun plastik biasa.

Namun, Anda mungkin lebih sering menjumpai jus buah yang dikemas dengan cup plastik. Karena penggunaan cup plastik memang membawa beberapa keuntungan, terutama untuk para pemilik bisnis.

Keuntungan yang pertama adalah harganya yang relatif murah. Dengan begitu, pemilik bisnis bisa menghemat pengeluaran biaya untuk modal kemasan. Selain itu, sifatnya lebih awet dan tidak mudah pecah sehingga memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

Anda juga dapat menambahkan cetakan label sebagai identitas dari produk Anda sehingga lebih dikenal dan familiar di mata para konsumen. Namun, selain jus buah, cup plastik juga sering dipakai sebagai kemasan minuman teh, milkshake, minuman boba, dan minuman kekinian lainnya.

Beberapa di antaranya ada yang ditutup menggunakan mesin press, dan ada pula yang menggunakan tutup khusus cup plastik. Ukurannya pun bervariasi mulai dari ukuran 10 OZ, 12 OZ, 14 OZ, hingga 16 OZ, tergantung kebutuhan Anda.

Umumnya, bahan yang digunakan untuk plastik minuman yang satu ini tergolong aman karena terbuat dari bahan PET, namun alangkah baiknya jika penggunaannya cukup sekali saja.

  1. Plastik Teh Bantal (Standing pouch)

Untuk minuman sejenis yang menggunakan plastik standing pouch karena jika di kemas di dalamnya akan menyerupai sebuah bantal. Plastik ini memiliki zip atau semacam resleting perekat yang membuat minuman tidak tumpah walau dimiringkan.

Di antara beberapa bisnis minuman lain plastik ini juga kerap digunakan karena memiliki daya tahan yang lebih kuat serta ketebalan yang baik. Hal ini juga dapat membantu suhu minuman tetap dingin dalam jangka waktu tertentu.

Plastik standing pouch memiliki berbagai ukuran yang berdasarkan kapasitas serta panjang dan lebar plastik tersebut, harganya pun bervariasi sesuai ukuran kualitas dan kuantitas dari barangnya.

Selain untuk minuman plastik ini juga sering digunakan untuk membungkus barang elektronik, aksesoris, dan juga makanan.

  1. Plastik Es Lilin

Untuk plastik es lilin ada 2 versi yaitu versi rol dan potong. Plastik es lilin biasanya bening karena digunakan untuk menonjolkan produk yang dijajakan. Untuk lebih praktisnya versi potong paling sering di pakai.

Menggunakan plastik es lilin rol juga ada plus minusnya, untuk nilai plusnya plastik rol lebih murah dari plastik potong. Namun anda harus memiliki mesin potong untuk menggunakan alat ini.

Sedangkan plastik es lilin bisa langsung anda gunakan namun dengan selisir harga yang cukup banyak. Plastik es lilin yang baik harus tebal untuk dapat menjaga suhu es agar tidak mudah mencair alias tahan lama.

Terdapat banyak ukuran plastik es lilin yang dijual di pasaran. Ada yang memiliki ukuran 1,7 x 2,3 cm, 1,8 x 22 cm, 2,5 x 20 cm, 2,8 x 20 cm, 3 x 20 cm, 3 x 26 cm, 3,5 x 20 cm, 4 x 20 cm, 4,5 x 20cm, hingga 2 x 35 cm.

Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan pengemasan Anda. Plastik kemasan ini bisa dengan mudah Anda beli di toko online maupun offline dan umumnya dijual secara grosir.

  1. Plastik Es Jelly

Rasa yang manis dan segar serta sensasi kenyal dari jelly saat dikunyah menjadikan es jelly pilhan yang tepat sebagai minuman pelepas dahaga kala cuaca sedang terik.

Apalagi es jelly bisa Anda kreasikan menjadi aneka rasa sehingga pelanggan bisa eksplor berbagai varian dan tidak akan mudah bosan.  Mulai dari rasa green tea, taro, tiramisu, choco oreo, latte, dan masih banyak lagi.

Di pasaran, umumnya es jelly dikemas menggunakan botol plastik. Tak seperti botol plastik biasa, botol minuman es jelly terbuat dari bahan yang lebih tebal untuk menjaga keaslian rasa dalam waktu yang lebih lama.

Oleh karena itulah, minuman es jelly bisa didistribusikan ke tempat pelanggan yang lebih jauh. Selain itu, botol ini juga dirancang supaya tidak mudah pecah. Sehingga dapat meminimalisir resiko botol pecah atau tumpah selama proses pengiriman.

Kualitas rasa dan kesegaran minuman es jelly pun juga jadi lebih terjaga. Namun, seiring tingginya kualitas tentu juga semakin mahal harganya. Rata-rata untuk 50 pcs botol minuman berkualitas tinggi ini harganya Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000.

Anda dapat membelinya di offline atau online shop langganan Anda, secara ecer maupun grosir, sesuai kebutuhan pastinya. Sedangkan untuk ukuran kapasitas botol minuman jelly idealnya adalah 250 ml.

Tersedia beberapa pilihan bentuk botol seperti short neck (leher botol pendek) atau long neck (leher botol panjang) yang bisa Anda pilih sesuai selera.

 

Share this post