Mengenal Standing Pouch, Kemasan Produk dengan Desain yang Menarik

Mengenal Standing Pouch, Kemasan Produk dengan Desain yang Menarik

 

Standing pouch menjadi kemasan produk yang saat ini menjadi sebuah terobosan baru dalam kemasan makanan maupun minuman. Kini, penggunaan standing pouch sudah sangat lazim dijumpai di gerai-gerai makanan.

Bentuknya yang unik sekaligus dilengkapi dengan perekat khusus yang membuat makanan dan minuman menjadi lebih higienis dan bersih dengan bentuknya yang terkesan kekinian.

Standing pouch adalah kemasan pengembangan dari pouch dan memiliki kelebihan  bisa berdiri sehingga terlihat lebih menarik dan praktis dalam penggunaannya.

Umumnya penggunaan kemasan standing pouch banyak dijumpai pada jenis produk makanan ringan, hingga minuman ringan, susu, kopi dan teh.

Dari sisi harga, pemanfaatan standing pouch sebagai kemasan pun relatif kompetitif dibandingkan kemasan plastik lain yang cenderung konvensional dan monoton, sehingga bisa digunakan oleh produsen skala industri kecil sekalipun.

Penggunaan standing pouch pada sebuah produk pun bisa dijadikan sebagai sarana promosi yang paling cepat sampai ke calon pembelinya. Karena bentuk standing pouch yang sangat eye catching sehingga dapat dengan mudah dikenali oleh para konsumennya.

Point penting penggunaan kemasan standing pouch pada produk adalah mengenalkan produk secara cepat kepada para konsumen, serta menambahkan berbagai informasi produk pada kemasan standing pouch sehingga memudahkan calon pembelinya.

Pengertian Standing Pouch

Secara harfiah, standing pouch berarti kantong kemasan berdiri. Penggunaan standing pouch biasanya digunakan untuk mengemas berbagai produk makanan ringan, bumbu makanan, minuman ringan, minuman herbal hingga bubuk minuman instan yang siap seduh.

Sejarah Standing Pouch

Standing pouch sendiri memiliki sejarah yang amat panjang. Bahkan cikal bakal pengembangan standing pouch sebagai bentuk kemasan baru sudah berlangsung sejak tahun 1950-an. Namun, mulai dikenalkan dan diproduksi secara massal sekitar tahun 1960.

Kemasan awal standing pouch berbentuk fleksibel dengan tetap menggunakan bahan baku pembuat standing pouch seperti polypropylene serta kertas yang dilapisi plastik.

Hingga pada tahun 1963, kemasan standing pouch secara resmi digunakan dan dirilis sebagai hak paten tersendiri oleh salah satu produk minuman terkenal asal Amerika Serikat selaku pemilik mesin pembuat kemasan standing pouch yakni; Louis Doyen.

Setelah hak paten yang dimiliki Louis Doyen berakhir, bentuk kemasan standing pouch kemudian banyak digunakan oleh berbagai produsen minuman terkenal di luar negeri.

Kemasan standing pouch banyak diminati oleh produsen makanan dan minuman karena bentuknya yang unik sekaligus bisa berdiri. Tak hanya itu saja, standing pouch juga lebih terjamin kebersihannya selain karena menggunakan beberapa lapisan khusus seperti lapisan plastik juga terdapat lapisan kertas alumunium foil di bagian dalamnya.

Keunggulan lain dari standing pouch ada memiliki perekat atau zipper di bagian atas kemasan untuk menjamin bahwa produk makanan maupun minuman yang berada di dalam standing pouch tetap terjaga kebersihannya, tidak mudah terkontaminasi dan tentu saja lebih tahan lama.

Penggunaan Standing Pouch di Indonesia

Di Indonesia sendiri, penggunaan standing pouch baru mulai dilakukan sekitar tahun 2000-an, kala itu penggunaan standing pouch masih relatif sederhana bentuknya namun tetap menyesuaikan dengan keunggulannya yakni bisa berdiri.

Standing pouch yang digunakan di Indonesia juga belum memanfaatkan teknologi perekat atau zipper yang bisa dengan mudah dibuka dan ditutup kembali, karena penggunaan standing pouch kala itu hanyalah untuk minuman penyegar biasa.

Sekitar tahun 2005, pengembangan desain standing pouch baru mulai dilakukan dengan memberikan zipper sebagai perekat fleksibel standing pouch untuk memudahkan penggunanya membuka dan menutup kembali kemasan.

Waktu itu, penggunaan standing pouch berteknologi zipper diawali oleh produsen susu dan makanan ringan terkenal yang kemudian diikuti oleh industri makanan dan minuman lain yang berskala besar.

Sektor industri kecil atau UKM sendiri baru mulai mengadopsi penggunaan standing pouch pertama kali untuk kemasan makanan ringan yang pedas yang amat terkenal asal Bandung.

Perlahan kemasan standing pouch juga digunakan oleh industri kecil lainnya termasuk untuk minuman, meskipun belum menggunakan zipper karena harganya yang lumayan mahal untuk ukuran industri UKM.

Jenis Standing Pouch

Dalam penggunaannya, standing pouch yang banyak beredar di Indonesia dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk dan material atau bahan pembuat standing pouch.

Standing Pouch Berdasarkan Bentuknya

Untuk jenis standing pouch berdasarkan bentuknya yakni;

Standing Pouch Biasa

Standing pouch jenis ini memiliki harga yang lebih murah dari jenis lainnya, karena tak menggunakan zipper atau perekat untuk membuka dan menutup kemasan. Industri yang menggunakan kemasan standing pouch jenis ini biasanya makanan ringan, minuman instan serta bahan kue siap olah.

Standing Pouch Zipper

Standing pouch jenis ini menjadi yang paling banyak dijumpai di pasaran, karena sudah menggunakan teknologi zipper agar bisa dibuka dan ditutup dengan mudah agar makanan atau minuman maupun bubuk bisa lebih higienis dan tidak mudah terkontaminasi.

Standing Pouch Kedap Udara (Air Lock)

Standing pouch kedap udara (air lock) umumnya hanya digunakan untuk konsumsi terbatas, selain dilengkapi dengan zipper, standing pouch jenis ini juga dilengkapi dengan teknologi air lock agar udara tidak mudah masuk.

Fungsi air lock pada standing pouch ini untuk mencegah udara dari luar masuk dan mempengaruhi kualitas dari produk makanan ataupun minuman yang ada di dalamnya.

Biasanya, standing pouch jenis ini digunakan oleh produsen biji kopi hasil roasting berkualitas tinggi. Dengan menggunakan teknologi air lock ini, pembeli bisa mencium aroma biji kopi dari lubang pori-pori air lock yang ada di sisi belakang standing pouch.

Selain kopi, beberapa produk lainnya seperti bubuk teh, bubuk susu yang rentan mengalami perubahan rasa jika terkontaminasi udara dari luar.

Harga standing pouch kedap udara ini umumnya relatif mahal, karenanya produksinya juga amat terbatas dan hanya digunakan oleh kalangan tertentu.

Jenis Standing Pouch Berdasarkan Materialnya

Selanjutnya, jenis standing pouch berdasarkan material atau bahan baku pembuatan standing pouch dibagi menjadi enam jenis yakni;

  • Standing Pouch Material Plastik

Standing pouch ini umumnya menggunakan material plastik jenis transparan, industri makanan ringan skala rumahan biasanya menggunakan standing pouch jenis ini. Selain itu untuk lebih menonjolkan produk, standing pouch jenis ini juga relatif simpel.

Selain itu, calon pembeli juga bisa melihat langsung tampilan produk yang ada di dalam standing pouch, kemudian dari sisi harga, standing pouch bermaterial plastik ini juga relatif terjangkau bagi industri kecil.

  • Standing Pouch Kombinasi Plastik dan Metalized

Standing pouch jenis ini menggunakan dua bahan utama yakni plastik di bagian depan standing pouch dan material metalized atau sejenis kertas alumunium foil namun teksturnya menyerupai plastik di bagian dalam standing pouch.

Jenis produk makanan yang menggunakan standing pouch kombinasi ini adalah makanan ringan yang memiliki tekstur lengket seperti coklat, keripik pedas atau juga bumbu-bumbuan yang siap diolah.

  • Standing Pouch Alumunium dan Art Paper

Standing pouch alumunium ini menggunakan material alumunium foil sebagai bahan utamanya, kemudian di bagian luar standing pouch dilapisi dengan kertas art paper yang biasanya digunakan untuk media promosi serta informasi produk.

Untuk harganya juga sedikit lebih mahal dibanding standing pouch kombinasi maupun plastik, proses pembuatannya pun biasanya berdasarkan pesanan khusus.

  • Standing Pouch Alumunium

Standing pouch jenis ini sepenuhnya menggunakan material alumunium foil baik dibagian luar maupun dalamnya. Standing pouch jenis ini memang lebih mempertimbangkan untuk menjaga kualitas produk agar tidak mudah terkontaminasi.

Standing pouch jenis ini umumnya digunakan untuk mengemas produk biji kopi hasil sangrai maupun bubuk kopi siap seduh.

  • Standing Pouch Window

Standing pouch jenis ini biasanya terdiri lebih dari satu material seperti kombinasi plastik atau alumunium foil namun pada bagian bawahnya terdapat jendela (window) berbentuk persegi panjang agar pembeli bisa melihat produk secara langsung.

Standing pouch jenis ini relatif lebih banyak diminati oleh UKM karena terdapat dua keuntungan sekaligus dengan menggunakan kemasan jenis ini, bisa menjadi media promosi sekaligus menonjolkan produknya.

  • Standing Pouch Kraft Paper

Standing pouch kraft paper sepenuhnya menggunakan kerta kraft yang memiliki daya tahan yang kuat, tidak mudah robek dan lebih tahan lama. Beberapa standing pouch jenis ini juga ada yang menggunakan material alumunium foil di bagian dalamnya untuk melindungi produk utamanya.

 

Standing Pouch Minuman

Standing pouch minuman memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung dari jenis produk minumannya, karena akan sangat terkait erat dengan ketahanan kemasan serta kualitas produk yang ada di dalam kemasan, klasifikasi jenis standing pouch minuman ini yakni; cair, bubuk ataupun olahan.

Standing Pouch Minuman Cair

Minuman cair memiliki sifat yang rentan meresap dan mudah bocor sehingga pada umumnya menggunakan standing pouch berbahan alumunium foil ataupun kombinasi antara plastik dan metalized yang memiliki daya tahan untuk kemasan minuman cair dan bisa lebih tahan lama serta kedap udara sehingga tidak mudah tercampur dengan udara atau cairan dari luar.

Standing Pouch Minuman Bubuk

Untuk minuman bubuk yang bersifat fleksibel biasanya bisa menggunakan berbagai jenis standing pouch karena tak harus khawatir produknya akan merusak kemasan. Beberapa minuman bubuk bahkan menggunakan standing pouch berbahan kertas kopi yang lebih simpel dan murah.

Selain itu bisa juga menggunakan standing pouch window atau transparan hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pembelinya melihat kualitas dan sisa dari bubuk setelah digunakan.

Standing Pouch Minuman Olahan

Minuman olahan seperti biji kopi hasil roasting atau teh umumnya menggunakan kemasan alumunium foil yang kedap udara untuk menjaga kualitas produk dan citarasa dari produk kopi maupun teh agar tetap harum dan bisa langsung diseduh.

Standing Pouch Kopi

Standing pouch minuman kopi pada dasarnya lebih mengutamakan kemampuan dari kemasan untuk tetap menjaga citarasa serta aroma baik minuman kopi instan, bubuk maupun biji kopi roasting.

Karenanya pemilihan standing pouchnya pun khusus dan harus bebas dari kontak maupun kontaminasi baik udara, aroma bahkan benda dari luar yang bisa mempengaruhi kualitas dari produk kopi itu sendiri.

Pada biji kopi hasil roastingan bahkan harus menggunakan standing pouch kedap udara (air lock) untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga khususnya pada saat pengiriman produk mengingat biji-biji kopi hasil roastingan memiliki masa kadaluarsa yang singkat sehingga akan sangat berpengaruh jika terkena kontaminasi dari luar.

Standing Pouch Plastik

Standing Pouch jenis ini memang lebih banyak dijumpai di pasaran untuk kemasan berbagai jenis produk tak hanya makanan dan minuman saja tapi juga produk seperti bumbu olahan, produk herbal, jamu-jamuan instan hingga sambal.

Penggunaan standing pouch plastik memang lebih dititikberatkan untuk memudahkan pembeli maupun calon konsumennya melihat langsung produk yang ada di dalam kemasan standing pouch dari plastik transparan tersebut.

Selain bisa memudahkan calon konsumennya melihat kualitas dan fisik produk, penggunaan standing pouch juga sangat ampuh sebagai sarana promosi produk untuk konsumen. Karena selain terdapat keunggulan produk, standing pouch plastik juga biasanya mencantumkan kandungan produk hingga masa kadaluarsa dari produk tersebut.

Standing Pouch Sablon

Standing pouch memang di desain sebagai salah satu media promosi, karenanya kemasan ini lebih banyak diminati oleh produsen baik skala besar maupun kecil, karena bisa memaksimalkan fungsi promosi satu arah dari produk utamanya.

Karenanya, banyak produsen kemudian memilih standing pouch yang di desain khusus kemudian proses akhirnya adalah melalui proses penyablonan pada bagian luar standing pouch yang biasanya berisi seputar keunggulan produk, kandungan produk hingga masa kadaluarsa dan manfaat dari produk tersebut.

Pemanfaatan sablon sebagai bagian dari proses promosi yang murah dengan bentuk desain yang menarik sehingga mampu memikat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Standing pouch yang memanfaatkan sablon juga lebih efisien karena ongkos produksinya juga lebih murah karena biasanya proses penyablonan diserahkan kepada pihak ketiga yang melayani jasa percetakan dan sablon.

Standing Pouch Printing

Selain melalui proses sablon, standing pouch juga bisa melalui proses printing khususnya pada bagian luar standing pouch. Standing pouch yang memanfaatkan printing biasanya standing pouch jenis art paper dan window.

Meski demikian standing pouch berbahan alumunium foil pun tetap bisa melalui proses printing namun harus memanfaatkan mesin printing khusus yang berbasis digital, karena tekstur alumunium foil yang mengkilat dan licin membutuhkan tinta printing yang khusus pula.

Cetak Standing Pouch

Seiring dengan tingginya animo para pelaku usaha di bidang makanan dan minuman yang memanfaatkan kemasan model standing pouch maka mulai banyak bermunculan industri pencetak standing pouch.

Bahkan konsumen pun bisa mengajukan desain khusus yang berbeda dengan standing pouch pada umumnya termasuk dalam hal pemilihan bahan standing pouch yang disesuaikan dengan jenis makanan maupun minuman yang akan dikemas di dalam standing pouch.

Harga yang ditawarkan pun terbilang kompetitif dan relatif terjangkau. Dan biasanya para produsen kemasan standing pouch juga menawarkan cetak standing pouch berdasarkan berat dan jumlah perlusin dari kemasan standing pouch sebagai pilihan konsumennya.

Itulah tadi informasi tentang standing pouch sebagai salah satu terobosan kemasan untuk makanan dan minuman hingga produk konsumsi lainnya yang bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif kemasan produk yang memiliki desain yang menarik sehingga mampu meningkatkan angka penjualan produk.

Penggunaan standing pouch juga sudah menjadi hal yang lazim di kalangan dunia industri termasuk para pelaku UKM karena saat ini harga kemasan standing pouch pun tidak jauh berbeda dengan plastik kemasan pada umumnya.

Kami tokokemasankita.com menyediakan berbagai kebutuhan packaging kemasan makanan dan minuman untuk keseluruhan kebutuhan usaha dari kelas jajanan hingga kemasan untuk kebutuhan supermarket, tokokemasankita memiliki banyak cabang toko yang tersebar di surabaya untuk memenuhi permintaan kemasan untuk usaha Anda.

Banyak keuntungan yang di dapat dengan menggunakan kemasan standing pouch ini. Bagi produsen, penggunaan standing pouch akan terlihat lebih menarik sekaligus bisa menjadi sarana promosi paling efektif sekaligus efisien, sedangkan bagi konsumen akan merasa lebih terjamin karena kemasan standing pouch lebih terjamin kebersihan dan higienitasnya.

Share this post