Plastik Kemasan yang Baik dan Aman, untuk Produk Kuliner

Plastik Kemasan yang Baik dan Aman, untuk Produk Kuliner

Plastik Kemasan untuk Produk Kuliner – Tahukah Anda bahwa kualitas plastik kemasan dapat mempengaruhi kualitas makanan? Yuk, perhatikan mulai dari sekarang agar bijak dalam memilih plastik kemasan!

Makanan dalam kemasan kini sudah menjadi kebutuhan di masyarakat karena lebih praktis dan mudah untuk di bawa kemana-mana. Untuk itu, kebutuhan akan plastik kemasan semakin dibutuhkan.

Hal ini karena seiring perkembangan zaman yang semakin maju, mobilitas masyarakat pun semakin tinggi. Inovasi pun semakin digencarkan guna mempermudah pengemasan sebuah produk kuliner.

Tidak hanya keindahan estetik dari kemasan saja yang harus dipertimbangkan. Kegunaan, jenis kemasan, produk yang dijual juga sangat berpengaruh terhadap makanan yang anda jual

Maka alangkah baiknya sebagai pelaku bisnis anda belajar mengenai plastik kemasan. Karena penggunaan yang benar dapat berpengaruh besar terhadap produk kuliner yang anda jual.

Hal ini bisa terjadi karena yang dilihat pertama kali dari produk anda pasti adalah kemasan produknya, namun dengan pengaplikasian yang tepat akan menjadi daya tarik tersendiri untuk produk yang anda jual

Mengenal Plastik Kemasan

Jika anda mendengar plastik kemasan pasti yang anda pikirkan adalah wadah dari sebuah produk yang dijual khususnya produk kuliner yang memerlukan treatment khusus dalam pengemasan.

Tidak salah memang, namun plastik kemasan pada dunia kuliner lebih mengacu pada wadah pelindung dan pembungkus makanan guna melindungi makanan sebelum sampai di tangan pelanggan.

Sifat yang elastis dan mudah dibentuk membuat plastik dipilih untuk menjadi kemasan sebuah produk. Bahkan dewasa ini inovasi yang beragam bermunculan sehingga dunia kemasan produk semakin menjanjikan.

Plastik juga dipilih karena memiliki sifat stiffnes atau kekakuan yang dinyatakan dalam satuan psi. plastik kuga tahan terhadap gas dan memiliki ketahanan benturan atau mar resistance.

Apalagi berat yang ringan serta harga yang terjangkau semakin mengokohkan tempat plastik sebagai kemasan makanan. plastik kemasan juga bisa diberi warna dan juga di printing jadi tidak ada salahnya memilih plastik kemasan sebagai pelindung makanan.

Baca Juga : Kelebihan Menggunakan Packaging Plastik Kemasan Minuman

Jenis Plastik Kemasan

Sebelum anda mempelajari jenis-jenis plastik kemasan, terlebih dahulu anda harus paham jika kemasan dibagi dalam 3 kategori yaitu Kemasan primer, kemasan sekunder dan kemasan tersier.

Yang dimaksud kemasan primer adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk makanan contohnya sangat banyak, seperti botol, cup, plastik mika dan lain sebagainya

Jual kemasan plastik minuman bentuk botol

Contoh kemasan plastik minuman bentuk botol

Lalu untuk kemasan sekunder yakni kemasan primer, jadi tidak bersentuhan langsung dengan makanan. Ukuran kemasan sekunder pastinya lebih besar seperti contohnya plastik kresek, plastik wrap dan lain sebagainya.

Sedangkan yang terakhir adalah kemasan tersier atau bisa dibilang kemasan pelindung pengiriman. Karena memang kemasan ini bertujuan untuk melindungi pengiriman atau pendistribusian contohnya adalah bubble wrap.

Setelah anda memahami kategori tersebut kini anda bisa memahami jenis plastik kemasan yang sering anda jumpai.

 

Plastik Standing Pouch

Jenis plastik kemasan ini sedang naik daun di kalangan bisnis kuliner. Banyak produk makanan mulai dari makanan ringan seperti snack dan kue kering hingga bahan makanan seperti kacang-kacangan, biji kopi, susu bubuk, dan masih banyak lagi.

Jual kemasan plastik Standing Pouch

contoh kemasan plastik standing pouch

Plastik Standing Pouch sangat aman apalagi setelah pemakaian bisa ditutup kembali. Jadi tidak perlu menyediakan tempat lagi untuk penyimpanan cemilan yang anda konsumsi.

Bentuknya cukup menarik, praktis. Standing pouch didesain untuk penggunaan berulang kali, jadi pastikan bahan dari plastik kemasan anda dari bahan yang aman untuk makanan. Dengan sablon plastik anda dapat mengemas produk dengan cantik.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Plastik Makanan

Plastik Pouch

Kemasan berikutnya adalah plastik pouch yang juga menjadi primadona dalam dunia kemasan kuliner khususnya untuk snack. Plastik jenis ini bisa melindungi produk makanan dari debu dan air.

Dengan treatment yang baik pada kemasan plastik ini, anda dapat meningkatkan level dari produk anda banyak inovasi dihadirkan dengan adanya printing pada plastik yang bisa membuat kemasan lebih menarik.

Seperti halnya standing pouch, plastik ini juga memiliki ziplock untuk tetap menjaga kondisi produk makanan anda tetap terjaga dalam kondisi yang prima. Jadi produk bisa sampai dalam keadaan yang aman ketangan konsumen.

 

Plastik Vakum

Plastik jenis ini digadang-gadang mampu menambah masa berlaku sebuah makanan atau bahan makanan sedikit lebih lama tanpa adanya tambahan bahan pengawet. Selain aman makanan juga jadi lebih tahan lama.

Dengan bantuan vacum sealer atau mesin vakum kemasan ini akan mengeluarkan udara di dalam kemasan. Hal ini yang membantu menekan pembusukan pada makanan atau bahan makanan yang dibungkus dengan kemasan jenis ini.

Jual kemasan plastik vakum untuk kemasan surabaya

contoh kemasan plastik vakum untuk kemasan

Plastik kemasan jenis ini sedang populer dikalangan usaha kecil menengah sebagai kemasan untuk produk yang mereka jual. Karena dengan metode plastik vakum ini produk jadi lebih awet dan tahan lama.

Keunggulan lain dari plastik kemasan ini adalah menjaga kelembapan dan mencegah oksigen masuk kedalam kemasan. Selain itu plastik ini lebih transparan dan tahan suhu panas yang cukup tinggi.

 

Plastik Sablon

Jenis yang satu ini sebenarnya bukan hal baru. Karena sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan plastik jenis ini. Selain sebagai media pelindung produk yang dijual plastik sablon dapat menjadi sarana branding maupun promosi.

Selain itu desain yang unik akan menjadi daya tarik sendiri bagi para pelanggan. Plastik kemasan jenis ini sebenarnya banyak tipenya namun yang paling umum dipakai adalah sablon pada bagian depan plastik.

Permintaan yang semakin menggunung membuat usaha bisnis sablon plastik menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Bahkan keuntungan bersih dari 1 meja operator saja bisa mencapai jutaan rupiah.

Walaupun harga nya cukup terjangkau plastik sablon dapat menjadi solusi meningkatkan omset penjualan produk anda. Dengan pengaplikasian yang tepat bahkan dapat meningkat kan level pada produk yang anda jual.

Plastik Printing

Hampir sama dengan plastik kemasan sebelumnya. Plastik printing juga mengedepankan desain yang ada pada plastik kemasan. Bedanya hanya terletak pada eksekusinya saja.

Jika sablon menggunakan meja operator screen dan seluruh perlengkapan lain untuk menangani setiap plastiknya. Plastik printing hanya membutuhkan print khusus plastik printing. Waktu pengerjaannya juga pasti lebih cepat karena menggunakan tenaga mesin.

Harga yang ditawarkan plastik printing jauh lebih terjangkau daripada plastik sablon. Namun untuk kualitasnya masih bisa bersaing dengan plastik sablon. Kedua jenis plastik ini membawa era baru dalam dunia kemasan produk.

Inovasi terus menerus dilakukan guna meningkatkan kualitas printing pada plastik sehingga menghasilkan karya terbaik dengan harga terjangkau. Plastik printing bisa menjadi solusi terbaik bagi anda yang sedang membangun bisnis.

Plastik Cetak / 3D

Jenis plastik kemasan yang terakhir adalah plastik cetak atau kemasan 3D. kemasan ini memanfaatkan printer 3D dengan bahan utama plastik sebagai material pembuatan kemasannya.

Beragam kreasi kemasan bisa anda custom sesuai keinginan anda. Dengan kemasan ini anda dapat membuat produk kuliner yang anda jual lebih eksklusif dan lebih terlihat mewah.

Dengan begitu minat pelanggan akan semakin tinggi untuk membeli produk tersebut. Beberapa plastik cetak yang sering anda jumpai adalah penggunaan plastik mika dengan bentuk yang unik.

Sebenarnya banyak material selain plastik mika bisa anda gunakan, dengan catatan bahan yang anda gunakan haruslah bahan yang aman untuk sebuah kemasan makanan. jadi anda harus selalu cermat dalam membuat kemasan tersebut

Fungsi Plastik Kemasan

Sifat yang fleksibel dan mudah didapatkan membuat plastik kemasan menjadi pilihan utama dalam bisnis kuliner. Terutama bagi para pelaku bisnis berkembang. Berikut beberapa fungsi plastik kemasan yang harus anda tahu.

Sebagai Pelindung Produk Kuliner

Fungsi utama plastik kemasan pastinya melindungi produk yang anda jual dari air, debu, serta melindungi kondisi produk saat proses distribusi atau pengiriman. Plastik dipilih karena plastik kemasan memiliki perlindungan yang baik.

Pemilihan plastik kemasan yang tepat bahkan dapat meningkatkan level dari produk makanan anda. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir akan kondisi makanan yang anda kirim ke pelanggan.

Dengan kemasan plastik produk kuliner itu akan terlindung, tidak mudah tergores atau rusak, basah, yang penting tetap rapi dan tidak merusak rasa dari makanan yang anda sajikan.

Menambah Daya Tarik

Dengan treatment yang baik produk anda bisa berada di level yang berbeda dari sebelumnya. Apalagi desain yang unik akan menimbulkan rasa penasaran dan minat dari pelanggan anda.

Bentuk dan desain yang kreatif bahkan mampu menjadi daya tarik tersendiri` untuk produk yang anda jual. Apalagi jika rasa yang anda berikan sesuai ekspektasi pembeli tidak akan ragu untuk melakukan pembelian kembali pada produk yang anda jual

Anda bisa melakukan endorsement kepada seorang brand ambassador untuk meningkatkan daya tarik sebuah produk. Bahkan fans fanatic dapat menyimpan kemasan produk anda untuk dijadikan koleksi, seperti yang pernah dilakukan juga oleh tokokemasankita.com

Brand Image

Sebagai pelaku bisnis apalagi bisnis yang sedang berkembang, membangun image dan kepercayaan pelanggan menjadi kunci kesuksesan. Kemasan juga dapat menjadi salah satu alat membangun brand image anda.

Kemasan bisa menjadi ciri khas dari sebuah produk bahkan kemasan yang menarik dapat menjadi nilai tambah bagi para pelanggan. Terutama bagi anda yang menjual produk secara online.

Anda harus menjaga betul kemasan yang anda pakai mulai dari food grade, keamanan pada makanan maupun saat pengiriman. Kepuasan pelanggan dapat mendatangkan manfaat bagi bisnis anda di kemudian hari.

Sarana Promosi

Sebuah plastik kemasan kini juga dapat menjadi salah satu sarana dalam promosi. Karena dengan adanya plastik sablon dan plastik printing anda dapat menaruh informasi penting dalam kemasan.

Jadi dengan penanganan yang tepat kemasan pada produk anda dapat menjadi ladang promosi anda. Dengan memanfaatkan prinsip getok tular, kemasan yang berisi informasi bisa disampaikan dari mulut pelanggan tanpa anda harus membayar mereka.

Apalagi jika produk yang anda jual memang berkualitas dan sesuai dengan ekspektasi pembeli. Maka mereka tidak akan sungkan untuk merekomendasikan produk anda kepada sanak saudara dan teman temannya.

Harga Lebih Murah

Plastik kemasan tidak akan memakan cukup banyak waktu dalam pembuatannya apalagi dengan kemajuan teknologi plastik bisa dibuat dengan mudah. Harga yang lebih terjangkau menjadikan plastik kemasan menjadi primadona di dunia bisnis kemasan.

Karena harga yang murah jika dibandingkan dengan material lain seperti kemasan dari logam, kayu maupun kaca. Dengan harga lebih murah HPP tidak akan membludak dan menekan pengeluaran anda

 

Lalu Apa Manfaat Jika Anda Menggunakan Plastik Kemasan

Kemasan yang estetis akan menambah nilai jual produk kuliner anda, dengan begitu anda akan semangat untuk meningkatkan kualitas produk dengan penghasilan yang terus meroket.

Belum lagi jika promosi yang anda buat berhasil kemasan akan menjadi salah satu senjata untuk meraih omset tertinggi dan juga. Kemasan yang menarik bahkan bisa menarik minat pelanggan untuk membeli produk anda.

Harga yang lebih murah dapat menekan angka pengeluaran anda, Sebagai kemasan produk kuliner pastinya plastik memiliki fungsi untuk melindungi makanan dari paparan sinar matahari, debu bahkan dari air.

Bahkan beberapa jenis plastik juga tahan terhadap panas. Dengan begitu suhu makanan bisa tetap hangat sebelum dinikmati. Selain itu plastik juga mudah dibentuk karena memiliki sifat fleksibel dan elastis. Dengan begitu anda bisa mengemas dengan mudah produk anda.

Kenapa Harus Plastik Kemasan?

Plastik kemasan menjadi primadonanya kemasan karena kemudahannya untuk didapatkan, penggunaannya juga cukup praktis. Namun apakah anda tahu plastik memiliki banyak kelebihan lain seperti dibawah ini.

  • Perlindungan yang Baik

Plastik kemasan mampu melindungi makanan secara absolut. Bahkan dengan desain yang baik plastik dapat menjadi kemasan yang kedap debu, air dan udara. Jadi plastik memang sangat cocok untuk pengemasan makanan.

  • Berat yang Ringan

Berat yang ringan dapat menekan biaya pengeluaran. Apalagi dengan berat yang ringan biaya pengiriman akan lebih murah. Berat yang ringan juga membantu pelanggan yang memiliki mobilitas tinggi.

  • Tidak Mudah Pecah

Plastik kemasan juga tidak mudah pecah bila tidak sengaja terjatuh, hal ini akan menekan resiko kerugian yang mungkin terjadi. Dengan begitu baik penjual atau pelanggan tidak perlu risau dengan kemasan ini

  • Mudah di Bentuk

Sifat plastik membuatnya mudah untuk dibentuk sesuai keinginan. Sehingga plastik akan lebih menguntungkan daripada bahan lain seperti logam kaca maupun kayu yang akan memakan waktu untuk membentuk menjadi sebuah kemasan produk.

  • Harga Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan bahan jenis lain harga dari plastik lebih murah. Apalagi plastik ditemukan dimana saja. Banyaknya kelebihan membuat plastik sangat mudah didapatkan.

Harga dari Plastik Kemasan

Harga plastik pastinya sangat bervariasi, tergantung dari jenis plastik kemasan, bahan yang digunakan, kesulitan proses pembuatan dan masih banyak lagi faktor lain yang menentukan.

Seperti contoh standing pouch untuk ukuran terkecil saja standing pouch biasa dijual di range harga Rp 1500 sampai dengan Rp 6000 untuk setiap plastik kemasan yang dibeli. Namun jumlah pembelian juga dapat mempengaruhi jumlah pembayarannya.

Sedangkan untuk plastik vakum harganya bisa lebih murah untuk pembelian per bijinya berada di range harga Rp 300 hingga Rp 2000 dengan asumsi ukuran dan jumlah pembeliannya.

Namun anda harus memiliki mesin vakum plastik untuk mendukung pemanfaatan plastik vakum sebagai kemasan produk anda. Harga mesin vakum bervariasi sekali mulai dari Rp 150.000 hingga jutaan rupiah.

Untuk harga sablon plastik dan plastik printing berada di kisaran harga Rp 185 sampai dengan Rp 2000 dengan minimal order 1000 pcs. Anda tidak harus memiliki mesin sablon ataupun printer khusus plastik.

Anda bisa melakukan pemesanan pada banyak penyedia jasa sablon plastik atau printing plastik yang sudah mulai marak di sekitar anda.

 

Share this post