Apa Pengertian Packaging, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Apa Pengertian Packaging, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Pada kesempatan kali ini tokokemasankita.com akan memberikan sedikit ulasan informasi penting terkait packaging, mulai dari arti packaging, fungsi, unsur-unsur, jenis packaging dan contoh packaging pada produk makanan dan minuman.

Toko kemasan kita menjual berbagai packaging untuk produmu

Contoh foto bentuk packaging pouch

Packaging merupakan alat atau material yang digunakan untuk membungkus barang. Packaging berfungsi untuk melindungi barang dan menampilkan pesan produk. Sehingga membuat desain dan bentuk packaging tidak boleh sembarangan, karena akan berpengaruh terhadap Citra produk atau penilaian konsumen terhadap produk tersebut.

Packaging merupakan unsur penting pada suatu produk. Packaging bisa membuat produk Anda lebih berkesan, menarik dan berkualitas.

Simak juga tips supaya packaging anda lebih menarik, sehingga produk akan mudah dikenal konsumen dan bisa menambah nilai produk.

Apa itu Packaging?

Packaging merupakan kemasan atau material yang berfungsi untuk melindungi barang/produk dari benda asing seperti debu kotoran supaya tidak mencemari dan merusak suatu barang yang ada di dalamnya.

Secara umum packaging tidak hanya sebagai pelindung saja, melainkan juga menjadi daya tarik yang bisa mengundang pembelian suatu produk.

Hal ini bisa dibuktikan Ketika anda sedang berada di suatu minimarket dan melihat rak makanan. Pasti diantara beberapa Apa makanan ada yang sangat menarik perhatian dan menampilkan citra makanan yang enak, jadi membuat penasaran dan tertarik membelinya.

Packaging tersedia dalam banyak jenis yang dibuat khusus untuk setiap jenis produk seperti produk makanan, minuman, parfum, shampo, alat elektronik dan dan produk lainnya. Produk yang dibungkus dengan packaging yang menarik juga memiliki nilai tambah. Meskipun anda sering mendengar adagium seperti Don’t judge book by cover namun kenyataannya, packaging sangat mempengaruhi pandangan orang tentang suatu produk.

Penting diperhatikan Karena Packaging juga termasuk dalam strategi pemasaran, Jadi bagi Anda yang ingin membuat suatu produk jangan lupa untuk memperhatikan desain packaging yang menarik.

Penjalasan Fungsi Packaging

Fungsi Packaging

Packaging atau kemasan memiliki fungsi yang beragam selain untuk melindungi produk dan menambah nilai. Berikut kami rangkum beberapa fungsi kemasan,

  • Kemasan berfungsi untuk menambah daya tarik produk. Sehingga meskipun jenis barang atau produk sederhana dan banyak ditemukan produk sejenis namun kemasan bisa menjadikan produk tersebut berbeda ada atau unik dibandingkan produk lainnya.
  • Menjadi bentuk promosi yang sangat berpengaruh , pasalnya orang akan mudah mengingat suatu produk dari bentuk kemasannya. Jadi semakin banyak anda melakukan promosi dan didukung dengan kemasan akan lebih berdampak baik pada ingatan konsumen. Sebagai contoh anda mencari pasta gigi merek Pepsodent,sebelum mengambil produk di rak minimarket, Anda akan mudah mengenali produk tersebut meskipun dari kejauhan.
  • Menjaga kualitas produk. Produk yang tidak terdapat pelindung tentu akan sangat mudah rusak karena terkontaminasi dari lingkungan sekitar. Apalagi untuk jenis produk makanan dan minuman yang harus membutuhkan kondisi steril, supaya bisa bertahan lama dan tidak membawa efek buruk terhadap konsumennya. Dengan kemasan yang bagus suatu produk bisa menjangkau area pemasaran ke lebih banyak daerah bahkan ke luar negeri.
  • Memberikan persepsi yang baik terhadap produk. Membuat desain kemasan yang yang baik akan mempengaruhi persepsi orang terhadap produk. Sehingga menentukan kemasan produk juga harus dilakukan melalui percobaan atau riset supaya bisa menimbulkan persepsi seperti yang anda inginkan.
  • Memberikan kesan mewah pada konsumen. Beberapa jenis produk yang biasanya memiliki packaging mewah seperti roti, minuman kopi dan jenis produk lain akan membawa kebanggaan sendiri pada konsumen saat membawa produk tersebut. Apalagi untuk jenis minuman kopi, minuman segar yang biasanya sering dibawa hanya menggunakan tangan oleh orang-orang di perkantoran.

Jadi dari beberapa fungsi diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa kemasan produk yang baik akan sangat banyak berpengaruh dari sisi produk itu sendiri maupun dari sisi konsumen.

Baca juga Mengenai : Kemasan Minuman Menambah nilai jual, Apa Benar ?

Unsur Dalam Packaging

Setiap bisnis tentu menginginkan produknya bisa terkenal dan laris di pasaran. Ada beberapa unsur penting dalam packaging yang harus diketahui sebelum menentukan packaging untuk produk.

Beberapa unsur yang harus terpenuhi dalam sebuah packaging adalah harus efisien, bisa menjamin keamanan produk, membuat desain yang mudah dikenal, mudah untuk dikirim, mencantumkan informasi bahan, izin, harus menarik dan unik kemudian desain packaging mampu menyampaikan pesan produk.

Jenis Packaging Pada Produk

Ada banyak jenis packaging dalam dunia pemasaran mulai dari bentuk paper bag, bentuk box dan jenis desain yang lainnya. Packaging ini diproduksi oleh perusahaan kemasan namun dari segi tampilan maupun desain bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Packaging dibuat untuk membantu Para pemilik produk memberikan kemasan yang fungsional dan juga memperhatikan dari sisi tampilannya.

Bagi Anda yang ingin memilih jenis packaging yang cocok untuk produk Anda, silahkan simak jenis-jenis packaging yang sudah kami rangkum berikut ini.

Jenis packaging primer

Jenis bank primer merupakan kemasan yang langsung melekat pada barang atau produk titik biasanya kita temukan pada produk yang dijual satuan atau eceran. Contoh kejadian primer adalah pada produk makanan seperti gigi, sabun mandi batang maupun cair, shampo, susu dan produk roti yang umumnya berbahan plastik.

Jenis bahan packaging primer diantaranya Packaging aseptik, wrap, box, kertas, kaleng dan masih banyak lagi.

 

Packaging sekunder

Merupakan packaging dari beberapa produk di dalamnya yang sudah memiliki kemasan tersendiri. Umumnya dalam bentuk Pak misalnya kopi sachet kemasan 1 pack, satu pak sabun cuci atau kotak kemasan kosmetik.

 

Packaging delivery

Jenis packaging delivery adalah kemasan yang digunakan untuk mendistribusikan barang. Jenis packaging ini bisa anda temukan seperti pada ada produk Air mineral kemasan 1 dus, satu dus mie instan dan satu dus coca cola.

 

Packaging aseptic

Jenis ini digunakan untuk membungkus makanan yang yang dibutuhkan kemasan steril contohnya susu, makanan, minuman, supaya produk bisa awet untuk jangka waktu lama. Jenis packaging aseptik umumnya terbuat dari campuran aluminium, lapisan polietilen dan campuran kertas. Sedangkan untuk jenis produk-produk kesehatan, umumnya menggunakan bahan kaca seperti botol kaca. Hal ini bertujuan supaya obat obatan tidak terkontaminasi suhu, bakteri dan faktor lain yang bisa merusak kandungan dari obat tersebut.

 

Packaging standing pouch

Jenis packaging standing pouch bisa digunakan untuk produk bahan, atau kemasan sachet produk minuman dan makanan. Jenis kemasan ini menggunakan bahan alumunium foil di bagian dalam dan bagian luar menggunakan plastik. Anda bisa menemukan jenis kemasan ini pada produk kopi kemasan produksi UKM. Packaging ini punya tampilan menarik, unik dan murah sehingga cocok untuk jenis produk rumahan.

 

Packaging wrap

Packaging wrap adalah jenis kemasan yang bisa Anda lihat pada jenis produk permen dan coklat. Kemasan ini memberikan perlindungan untuk produk makanan kecil supaya jika diletakkan di wadah, tidak banyak tersentuh tangan dan bisa menjaga kelembaban produk.

 

Packaging bag

Packaging merupakan jenis kemasan yang umum biasanya untuk jenis makanan yang cepat habis pakai atau tidak perlu disimpan dalam jangka waktu yang lama. Misalnya produk buah-buahan, makanan ringan dan jenis produk lainnya.

 

Packing box

Jenis-jenis Box atau kotak dengan bahan campuran kertas, serbuk kayu ini umumnya dipakai untuk jenis makanan cepat saji misalnya pizza, kerupuk dan Sereal.

 

Packaging kertas karton

Jenis packaging kertas karton banyak dipakai untuk produk makanan seperti roti. Pasalnya roti merupakan makanan yang biasanya sebagai makanan pelengkap, sehingga banyak di bawa. Jadi kemasan jenis kertas karton adalah kemasan yang tepat karena bahan ringan.

Selain itu kertas karton juga sering kita temukan pada produk telur, pasalnya bahannya lentur sehingga tidak membuat telur mudah pecah.

 

Packaging kaleng

Jenis packaging ini sering kita temukan pada produk makanan seperti roti atau produk lain yang berbahan cairan kimia dan gas. Bahan packaging kaleng ini biasanya berbahan logam atau baja.

Fungsi packaging kaleng pada produk-produk tersebut tentu memiliki manfaat dan kelebihan tersendiri. Misalnya produk gak tentu tidak akan efektif jika menggunakan jenis packaging selain kaleng. Sedangkan packaging kaleng pada produk makanan bisa berfungsi untuk melindungi kualitas maupun menambah kesan mewah pada suatu produk.

Penggunaan jenis packaging yang tepat juga harus diperhatikan pada suatu produk. Anda tidak bisa meletakkan kan produk pada kemasan yang kurang tepat.

 

 

Contoh Packaging Produk Makanan dan Minuman

Packaging Minuman

Bagi Anda yang sedang atau ingin membuat bisnis minuman tentu tidak boleh menyampingkan produk kemasan, karena sangat krusial dalam bisnis. Kemasan produk minuman yang menarik akan membuat pembeli atau konsumen Tidak segan untuk membagikan pengalamannya di media sosial. Tentu ini akan jadi keuntungan buat Anda ada sebagai media promosi gratis.

Selain rasa yang enak, packaging minuman akan membuat pelanggan puas dengan produk Anda dan bisa melakukan repeat order.

Beberapa contoh packaging minuman yang umum digunakan diantaranya gelas plastik dan dan paper cup atau gelas kertas.

  • Packaging minuman gelas plastik adalah jenis yang paling banyak dipakai karena sangat mudah dan murah. Kelebihan lainnya adalah karena bentuknya yang transparan sehingga menampilkan minuman lebih menarik.Ukuran packaging plastik mulai dari 12 Oz sampai 22 Oz dengan harga mulai dari Rp 980 per pcs hingga Rp. 1200 per PCS.
  • Packaging minuman bahan paper cup adalah jenis packaging yang umumnya digunakan untuk minuman panas seperti kopi atau teh. Harga packaging minuman bahan kertas mulai dari Rp. 1050 per pcs.

Packaging Keripik

Bebek merupakan jenis makanan yang banyak disukai karena memiliki rasa gurih dan cocok untuk lidah kebanyakan warga Indonesia. Saat ini keripik tidak hanya disediakan dalam plastik transparan di seperti yang dijual pada pasar tradisional. Anda bisa memulai bisnis keripik dengan kemasan modern.

Ada beberapa tips dan kemasan keripik yang bisa membuat produk kripik Anda semakin menarik. Anda bisa pilih jenis standing pouch, paper box dan standing pouch dengan sedikit bagian transparan.

Packaging Kue

Untuk memilih jenis packaging kue umumnya menggunakan kemasan dengan banyak bagian transparan. Hal ini bertujuan supaya bentuk asli kue bisa terlihat dengan jelas. Ada beberapa pilihan kemasan kue yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan dus box paper, box toples mika transparan, kardus box jinjing dengan mika dan toples kaleng.

Packaging Roti

Bagi Anda yang sedang menjalankan usaha bakery memang tepat untuk memilih kemasan roti yang berkualitas. Kemasan roti juga bisa berfungsi untuk menaikkan nilai produk jadi bukan sekedar wadah saja. Bentuk kemasan roti juga bakal jadi identitas roti yang anda punya sehingga mudah diingat para konsumen.

Banyak pilihan kemasan roti yang menarik dan aman dari bahan kimia, sehingga tidak akan berpengaruh pada ada roti baik warna maupun rasa.

Anda bisa menggunakan jenis kemasan roti paper bag, plastik atau cpp, box burger dan snack, box window, kemasan donat, toples kue kering, standing pouch kemasan box oleh-oleh.

Packaging Kopi

Kopi saat ini semakin banyak digemari tidak hanya golongan orang tua, melainkan pada anak muda baik laki maupun wanita. Kopi juga semakin populer karena banyaknya warung kopi modern atau kafe yang bermunculan. Hampir di setiap daerah memiliki cafe yang ramai pengunjung.

Pengunjung juga biasanya tidak hanya memesan kopi namun beberapa ingin mengenal kopi lebih dalam, seperti cara penyajian kopi yang baik, jenis-jenis kopi yang ada dan hal menarik lain tentang kopi.

Jika Anda ingin memanfaatkan momentum ini untuk membuat bisnis kopi sendiri, kemasan produk kopi sebaiknya juga harus dapat banyak perhatian. Apalagi jika target pasar Anda adalah orang kantoran atau anak muda milenial, sehingga harus menyesuaikan produk kita supaya bisa diterima dengan baik.

Memilih kemasan kopi memang sedikit membutuhkan perhatian bahasanya kemasan tidak hanya sebagai wadah untuk membungkus kopi melainkan juga harus memperhatikan keawetan kopi, biaya  dan tampilan kemasan. Ada tiga jenis kemasan kopi yang direkomendasikan seperti kemasan kopi yang tidak disegel, kemasan kopi dengan lapisan foil dan kemasan kopi bersegel kedap udara.

Selain itu dari segi tampilan anda bisa memilih kemasan kopi sachet per renceng, model kantong, model box dus kopi sachet pen pouch printing, sablon, atau model flat bottom sablon. Beberapa pilihan model tampilan kemasan kopi tersebut bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan Anda sendiri.

Packaging Printing

Packaging printing merupakan salah satu jenis kemasan yang populer untuk produk-produk makanan dan minuman kekinian. Kemasan printing banyak disukai karena lebih awet dan tahan terhadap air maupun udara, sehingga produk bisa lebih tahan lama. Selain itu jenis kemasan printing memiliki tingkat warna dan desain yang bisa disesuaikan sehingga akan sangat menarik.

Umumnya packaging printing akan lebih bisa membuat produk lebih terlihat menonjol dibandingkan jenis kemasan lain. Jenis ini juga unggul karena bisa sekaligus mencetak informasi produk seperti komposisi nilai gizi tanggal kadaluarsa pada kemasan.

Cetak Packaging

Jika sudah menetapkan jenis packaging yang diinginkan Anda bisa langsung memesan kemasan melalui Jasa cetak packaging. Lagi pun anda belum sepenuhnya mengerti tentang kemasan yang baik atau yang sesuai dengan produk Anda bisa berkonsultasi dengan Jasa cetak packaging untuk mendapatkan kemasan yang terbaik.

Pada beberapa penyedia jasa cetak packaging bahkan menawarkan sampel kemasan terlebih dahulu supaya Anda bisa lebih yakin pada ada hasil kemasan.

Akhir kata

Packaging yang baik diharapkan bisa mewakili pesan produk dan menambah kesan unik dan mudah diingat oleh konsumen. Pada produk tertentu packaging juga menjadikan produk lebih mewah dan elegan terhadap produk sejenis. Dari banyak pilihan packaging Anda bisa menggunakan yang sesuai dengan produk dan biaya yang Anda miliki.

Jika Anda saat ini sedang mencari kebutuhan packaging kemasan untuk produk Anda, kami memiliki berbagai kebutuhan kemasan untuk produk bentuk cair maupun padat Anda bisa mempercayakan membeli secara ecer maupun partai di tokokemasankita.com dengan menghubungi cs kami.

Share this post