Mengenal Fungsi, Manfaat dan Jenis Kantong Plastik

Mengenal Fungsi, Manfaat dan Jenis Kantong Plastik

Kantong plastik menjadi kemasan paling banyak digunakan. Berbagai jenis, kelebihan bentuk dan warna membuat kantong plastik juga untuk sarana promosi yang baik.

image source by . pixabay.com

Penggunaan kantong plastik sudah sejak lama menjadi bagian dari kebutuhan manusia. Fungsinya yang beragam hingga bentuknya yang sederhana sangat membantu manusia untuk membawa ataupun membungkus berbagai barang.

Hampir di seluruh wilayah di Indonesia, penggunaan kantong plastik sudah menjadi hal yang biasa ditemukan baik di rumah maupun di pasar karena dianggap memiliki manfaat untuk menunjang aktivitas sehari-hari masyarakat.

Meski beberapa waktu yang lalu penggunaan kantong plastik sempat dilarang karena bahan pembuat kantong plastik sangat susah didaur ulang karena prosesnya membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk bisa terurai ke dalam tanah, tapi hingga kini kantong plastik masih tetap diandalkan.

Selain itu, kian hari pemanfaatan kantong plastik juga mengalami perkembangan dari fungsinya semula, mulai dari bentuknya yang bervariasi mulai dari kecil hingga yang besar atau bentuk lain yang menyesuaikan dengan bentuk barang di dalamnya.

Tak hanya mengalami perubahan dalam hal bentuk, kantong plastik juga menjadi media promosi dengan desain hingga menambahkan logo atau merek dagang di kantong plastik agar mudah dikenali oleh pembelinya.

Pengertian Kantong Plastik

Seiring penggunaannya untuk berbagai keperluan, berbagai jenis kantong plastik bisa ditemukan dengan mudah. Bentuknya yang simpel, kuat hingga elastis membuat bahan pembungkus ini selalu jadi pilihan utama.

Secara khusus, kantong plastik memiliki pengertian tempat, kemasan atau wadah tertutup dengan bentuk yang beragam untuk membungkus, membawa dan pada perkembangannya juga digunakan sebagai salah satu sarana promosi usaha yang paling efektif.

Sejarah Kantong Plastik

Sejarah pembuatan kantong plastik sudah berlangsung sejak lama sekitar dua abad yang lalu. Di tahun 1862, Alexander Parkes berhasil menemukan produk dari bahan selulosa yang akhirnya diberi nama kimia yakni Parkesine dan kemudian oleh Leo Baeklend ahli kimia dari New York dikembangkan menjadi bahan sintetis.

Pada tahun 1930, bahan kimia itu dikembangkan menjadi berbagai jenis bentuk plastik namun pada tahun 1975 bahan kimia itu dikembangkan meski tetap memiliki fungsi yang sama sebagai bahan kemasan namun bentuknya mengalami diversifikasi produk termasuk menjadi kantong plastik seperti yang ada saat ini.

Bahan Pembuat Kantong Plastik

Meski amat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, kantong plastik ternyata memiliki dampak buruk untuk lingkungan karena terdiri atas bahan berupa makromolekul yang dibuat melalui proses senyawa kimia sehingga menghasilkan biji plastik untuk kemudian diolah menjadi kantong plastik atau berbagai olahan berbahan biji plastik lainnya.

Proses polimerisasi makromolekul ini juga memanfaatkan karbon serta hidrogen dan zat lain yang kemudian dicetak menjadi kantong plastik dengan berbagai ukuran serta bentuk yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

Kantong Plastik dari Tongkol Jagung

Bahan plastik umumnya terbuat dari unsur kimiawi termasuk diantaranya minyak bumi saat hendak diolah menjadi biji plastik yang mengandung zat kimia yakni; Styrin Monomer. Kelemahannya adalah, bahan-bahan pembuat plastik ini sangat susah untuk diurai di dalam tanah akibatnya justru berdampak pada lingkungan dan tingkat kesuburan tanah.

Karena itulah, diciptakan kantong plastik dengan mengandalkan tongkol jagung sebagai salah satu material utama pembuat plastik karena terdapat kandungan polylatide polymer pada tongkol jagung.

Pemanfaatan tongkol jagung dianggap bisa mengurangi pemanfaatan minyak bumi sebagai salah satu bahan pembuat plastik.

Kantong plastik berbahan tongkol jagung lebih ramah lingkungan karena bersifat lumer atau meleleh ada suhu panas tertentu diatas 115 derajat celcius.

Sifat Kantong Plastik

Kantong plastik memiliki sifat kimia yang ringan dengan bentuk transparan atau pekat dan sangat mudah untuk terbakar. Karena kantong plastik memiliki sifat tidak mudah diurai di dalam tanah, maka proses penghancuran kantong plastik biasanya dilakukan dengan membakar sampah atau limbah kantong plastik yang sudah tidak terpakai.

 

Jenis Kantong Plastik

Di Indonesia, kantong plastik memiliki jenis-jenisnya tersendiri yang diklasifikasikan berdasarkan pemanfaatannya hingga kualitas dari kantong plastik yang dibuat, berikut beberapa jenis kantong plastik yang ada di Indonesia

Kantong Plastik Tipis

Kantong plastik tipis dari sisi harga jauh lebih murah. Secara fisik, kantong plastik tipis memang terlihat tidak terlalu kuat untuk digunakan membawa atau membungkus barang atau benda yang memiliki massa atau berat.

Kantong plastik tipis biasanya hanya digunakan untuk keperluan mengemas dan membungkus barang yang tidak memiliki berat seperti bumbu dapur, jajanan, atau barang lain yang relatif ringan.

Kantong Plastik Tebal

Berkebalikan dengan kantong plastik tipis, kantong plastik tebal umumnya sangat diminati oleh masyarakat karena memiliki daya tahan yang kuat namun tetap simpel serta elastis. Biasanya, kantong plastik tebal memiliki warna yang cenderung pekat dengan warna dominan hitam, hijau, merah atau bahkan putih.

Ukurannya pun relatif beragam mulai dari yang kecil, sedang hingga besar. Dari segi harga, kantong plastik tebal memiliki harga yang sedikit mahal dari kantong plastik tipis.

Kantong Plastik Gula

Kantong plastik gula memiliki bentuk yang jauh berbeda dengan kantong plastik tipis maupun tebal. Kantong plastik jenis ini biasanya digunakan untuk mengemas gula, kopi, bumbu dapur atau olahan makanan lain.

Perbedaan lain dari kantong plastik gula adalah bentuk dan warnanya yang cenderung monoton yakni putih transparan dengan bentuk umumnya adalah persegi panjang dengan mengklasifikasikan bentuknya berdasarkan satuan berat mulai dari seperempat, setengah hingga satu kiloan.

Kantong plastik jenis ini biasanya dijual dalam bentuk kiloan atau kemasan yang dalam tiap kemasan berisi minimal 100 lembar kantong plastik.

Kantong Plastik Pakaian

Pada kantong plastik pakaian, umumnya memiliki bentuk yang berbeda dengan kantong plastik pada umumnya. Pengembangan produk kantong plastik untuk kemasan pakaian lebih dimanfaatkan sebagai bagian dari sarana promosi produk.

Kantong plastik pakaian umumnya lebih tebal dan memiliki bentuk yang variatif mulai dari warna, ukuran dan desain pada bentuknya.

Kantong plastik pakaian lebih bersifat permintaan khusus dari produk barang yang akan dikemas. Biasanya akan terdapat label, logo produk dan informasi kontak pada kantong plastiknya sebagai bentuk promosi dan komunikasi satu arah dengan pembeli produknya agar lebih mudah diingat.

 

Fungsi Kantong Plastik

Secara umum, kantong plastik memiliki fungsi sebagai kemasan atau untuk membungkus barang agar lebih mudah dibawa namun demikian pada perkembangannya kantong plastik juga dijadikan sebagai media promosi yang paling cepat sampai di konsumennya.

Kantong Plastik untuk Membungkus

Kantong plastik biasanya digunakan untuk membungkus barang atau benda yang bentuknya lebih kecil dari dimensi kantong plastik itu sendiri. Dan, kantong plastik yang digunakan untuk mengemas barang lebih bersifat fleksibel dalam artian bentuknya akan mengikuti bentuk dari produk yang ada di dalam kantong plastik.

Kantong Plastik untuk Sarana Promosi

Pemanfaatan kantong plastik sebagai sarana promosi sebenarnya belum lama dilakukan di Indonesia. Karena, penggunaan kantong plastik sebagai media promosi tumbuh beriringan dengan usaha percetakan atau sablon yang ada di Indonesia.

Kantong plastik sebagai media promosi sangat efektif untuk mendongkrak penjualan produk, mengingatkan calon pembeli hingga pembentuk imej dari produk yang dijual.

Saat ini, kantong plastik sudah mulai di desain dengan berbagai bentuk dan tampilan yang mengarah ke cara promosi yang paling efektif karena berhasil menarik dan memikat konsumennya.

 

Kantong Plastik Makanan

Pemanfaatan kantong plastik sebagai tempat kemasan makanan memang lebih menitik beratkan kepada fungsi higienitas dan menjaga produk makanan terhindar dari kontaminasi seperti virus, bakteri ataupun terkena angin.

Karenanya fungsi kantong plastik sebagai kemasan makanan harus baru dan bersih mengingat produk makanan itu akan di konsumsi dan masuk ke dalam tubuh sehingga amat penting menjaga kantong plastik tetap steril.

Selain itu, yang tak kalah penting juga adalah memperhatikan jenis kantong plastik yang digunakan untuk mengemas makanan harus diutamakan kantong plastik yang bahan pembuatnya tidak memicu atau mengandung zat kimia yang bisa memicu penyakit seperti mengandung zat karsinogenik yang menjadi penyebab penyakit kanker.

Pilihlah kantong plastik yang tak berwarna atau transparan sebagai wadah atau pembungkus makanan karena kantong plastik transparan tidak dilapisi oleh zat yang berbahaya bagi tubuh.

Berbeda dengan kantong plastik berwarna seperti hitam atau merah yang dalam proses pembuatannya dilapisi dengan zat khusus yang bisa memicu berbagai jenis penyakit terlebih jika kantong plastik berwarna tersebut terkena atau bersentuhan dengan makanan yang ada di dalamnya.

Kantong Plastik Makanan Kedap Udara

Untuk beberapa jenis makanan yang rentan akan kontaminasi bakteri atau terkena udara luar sehingga berpengaruh terhadap kualitas, rasa dan bentuk makanan, umumnya akan menggunakan kantong plastik makanan kedap udara.

Biasanya kantong plastik makanan kedap udara akan dilengkapi dengan perekat khusus di bagian atas kantong plastik agar angin tidak mudah masuk sehingga makanan akan lebih tahan lama.

Kantong Plastik Makanan Anti Panas

Kantong plastik makanan anti panas memang di desain khusus untuk makanan yang umumnya memiliki jenis makanan dingin yang rentan meleleh jika terkena panas atau berada di luar ruangan.

Kantong plastik makanan anti panas ini memang pemanfaatannya masih sangat terbatas karena harganya yang mahal selain itu, umumnya jenis makanan yang dikemas dengan kantong plastik makanan anti panas ini adalah jenis makanan yang tidak tahan lama.

Kantong Plastik Makanan Recycle

Kantong plastik makanan recycle bisa digunakan secara berkelanjutan hanya saja memiliki ambang batas suhu makanan yang dikemasnya. Jika dalam keadaan suhu yang sangat panas atau sangat dingin kemasan plastik makanan ini akan rentan rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Kantong Plastik Makanan Biasa

Kantong plastik makanan jenis ini yang paling banyak ditemukan di pasaran, bentuknya pun cenderung monoton selain itu harganya relatif lebih terjangkau dari kantong plastik makanan khusus lainnya.

 

Kantong Plastik Teh

Penggunaan kantong plastik untuk kemasan teh bubuk maupun teh instan menjadi salah satu alternatif kemasan teh, khususnya kemasan teh bubuk yang biasanya menggunakan kemasan kertas.

Teh yang menggunakan kemasan kantong plastik memiliki keunggulan lebih kedap udara serta tidak mudah rusak jika terkena air. Selain itu, dari sisi harga, teh yang menggunakan kantong plastik juga lebih murah sehingga efektif menekan biaya produksi.

Umumnya kemasan kantong plastik teh dijadikan lapisan kemasan kedua setelah kemasan kertas di bagian luarnya. Produk teh yang menggunakan dua lapisan kemasan ini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya udara maupun air yang mampu mempengaruhi kualitas dari produk teh.

tokokemasankita.com jual berbagai kemasan plastik kemasan makanan dan minuman

Kantong Plastik Sablon

Trend penggunaan kantong plastik sablon saat ini menjadi sarana promosi usaha yang paling efektif dan dapat dengan mudah diketahui dan dikenali oleh calon pembelinya.

Kantong plastik sablon umumnya memanfaatkan kantong plastik biasa yang kemudian di sablon secara khusus sesuai kebutuhan produsen.

Kantong plastik sablon sangat umum digunakan pada produk seperti makanan, minuman, pakaian hingga makanan cepat saji.

Fungsi kantong plastik hasil sablon lebih menitikberatkan pada upaya promosi dari produk jualan utamanya.

Selain menempatkan informasi produk, logo hingga informasi kontak produsennya, biasanya memiliki desain yang unik dan bahan kantong plastiknya juga lebih kuat dan lentur serta tebal.

Proses pembuatan kantong plastik sablon biasanya dibuat di percetakan khusus dan dijual dengan harga yang berbeda. Meski harga sablon kantong plastik lebih mahal namun kantong plastik sablon memiliki keunggulan sebagai citra dari produk yang dijual agar lebih mudah dikenali oleh konsumennya.

Selain itu, kantong plastik sablon juga bisa digunakan untuk mengemas produk lain, dengan kata lain kantong plastik hasil sablon tetap memiliki fungsi sebagai kemasan suatu produk namun bisa juga digunakan untuk mengemas produk yang lain.

Baca juga :

Cetak Kantong Plastik

Proses pencetakan kantong plastik khusus yang biasanya memuat informasi produk utama jualannya umumnya dilakukan secara khusus oleh produsen utamanya sehingga menjadi paket bundling untuk mengemas produk utamanya.

Cetak kantong plastik ini biasanya dilakukan oleh berbagai macam industri baik yang berskala besar maupun skala industri kecil, karena cetak kantong plastik ini mampu mendongkrak penjualan produk utamanya.

Cetak Kantong Plastik untuk Industri

Proses pencetakan kantong plastiknya pun dilakukan secara massal dan menjadi bagian dari proses produksi bagi industri skala besar. Beberapa contoh kantong plastik yang dicetak khusus sesuai dengan produk utama jualannya seperti makanan ringan, mie instan, brand atau merek ternama dari produk garmen seperti pakaian ataupun celana.

Kualitas kantong plastik hasil cetakannya juga terlihat lebih mewah dan berkelas untuk membedakan produk yang dijualnya dengan produk lain yang sejenis.

Cetak Kantong Plastik untuk UKM

Bagi industri skala kecil atau UKM proses cetak kantong plastik pun bisa dilakukan tanpa harus memiliki atau mengeluarkan biaya untuk membeli mesin khusus untuk mencetak kantong plastik.

Proses pencetakan kantong plastik bisa dengan mudah dilakukan di jasa percetakan dan sablon yang melayani jasa cetak kantong plastik.

Biaya cetak kantong plastik pun lebih terjangkau karena pengusaha skala kecil cukup menyediakan kantong plastik yang akan dicetak serta desain kantong plastik yang akan dicetak.

Proses pencetakan kantong plastik pun bisa dilakukan dengan cara manual ataupun digital yang dibedakan berdasarkan harga atau biaya cetak kantong plastiknya.

Itulah tadi penjelasan mengenai fungsi dan manfaat kantong plastik untuk kebutuhan sehari-hari maupun sebagai media promosi usaha untuk berbagai jenis industri mulai dari makanan hingga pakaian.

Meski demikian perlu juga diperhatikan dalam hal penggunaan kantong plastik yang secara berlebihan karena akan sangat berdampak pada lingkungan mengingat bahaya kantong plastik yang tak mudah terurai di dalam tanah.

Kondisi ini akan berpengaruh terhadap keberlangsungan kesuburan tanah serta dalam hal proses produksinya, kantong plastik juga memanfaatkan bahan kimia yang juga berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Share this post