Peluang desain kemasan sangat besar di dimensi ke-4

Peluang desain kemasan sangat besar di dimensi ke-4

Di mana manfaat desain kemasan anda di Dimensi ke-4 ?
Teknologi digital seperti kecerdasan buatan, Internet of Things (IoT) dan Virtual Reality mengubah perusahaan dan hubungannya dengan konsumen. Menerapkan teknologi ini dan teknologi lainnya ke bisnis kemasan menawarkan banyak sekali kesempatan untuk efisiensi proses, dan juga untuk keterlibatan konsumen.
Dalam keynote-nya di Forum TransPack 2018 (20-23 Maret, San Diego, CA) yang diselenggarakan oleh Intl. Safe Transit Assn., Brian Wagner, direktur Ameripen (American Institute for Packaging & the Environment) dan salah satu pendiri dan principal manajemen manajemen dan konsultasi PTIS LLC, mengenalkan kita pada dimensi keempat dalam desain kemasan.
Dengan pengalaman lebih dari tiga dekade dalam kemasan, Wagner membantu anda membawa wawasan yang dikendalikan kedepan meja. Dia memberi kita pandangan tentang apa yang akan dia bicarakan dan mengapa pengembang kemasan dan perancang perlu merangkul peluang yang akan dibawa era baru ini.
Apakah Dimensi ke-4 dan bagaimana caranya mengubah desain kemasan?
Wagner: Dimensi ke 2 dari desain kemasan mengacu pada grafis dan Dimensi ke 3 pada desain struktural. Desainer cenderung mahir pada satu atau yang lain, bukan keduanya. Yang terlalu jarang adalah desain kemasan yang dibuat secara holistik, menyinkronkan keduanya dengan keseluruhan pengalaman konsumen atau pengguna merek.
Sekarang, untuk memperumit proses lebih lanjut, Dimensi ke 4 dari rancangan kemasan membawa unsur transformasi digital, dan Internet of Things (IoT) atau Internet of Packaging (IoP) di mana dunia fisik dan digital bertabrakan. Dimana:
• Kemasan dan hubungan dengan konsumen dipetakan bersama.
• Paket yang terhubung menjadi media digital milik merek.
• Kami merancang siklus hidup end-to-end secara real time.
Apa tantangan terbesar bagi desainer kemasan saat kita melangkah lebih jauh ke dimensi yang lebih baru ini?
Wagner: Tantangan terbesar yang saya lihat adalah bahwa pimpinan fungsional individual tidak melihat nilai yang terhubung yang diberikan oleh IoP-bila nilai nyatanya sama dan dirasakan sebagai keuntungan / investasi. Melainkan mereka hanya melihat satu elemen saja.
IoT bukanlah hal baru – keseluruhan transformasi digital dimulai pada tahun 90-an namun banyak yang masih berjuang untuk memahami di mana memulainya. Kita akan menyadari kekuatan saat kita menghargai bahwa sebuah sensor atau chip pada atau dalam paket bisa lebih dari sebuah game AR / VR baru. Ini dapat meningkatkan hubungan merek dengan konsumen dan pengecer, dan data dan analisis dapat memberikan efisiensi dan efektivitas rantai pasokan. Begitu kita menyadari semua ini maka kita akan merangkul Dimensi 4 dari desain paket.
Selanjutnya, ini adalah tantangan untuk menyatukan individu otak kanan dan otak kiri untuk menciptakan, memanfaatkan kekuatan kreativitas dan logika mereka. Saat kita melakukan itu, itu adalah hal yang menakjubkan. Menurut artikel Forbes 2017:
“78% penyedia IoT memprediksi sumber monetisasi terbesar mereka berasal dari layanan dan perawatan bernilai tambah. Platform dan teknologi IoT idealnya diposisikan untuk merevolusi model bisnis saat ini, dengan studi menemukan penjualan layanan bernilai tambah dan pemeliharaan memiliki potensi pendapatan terbesar. ”
“Ketika sampai pada tingkat adopsi IoT yang lebih tinggi di seluruh perusahaan, 34% mengatakan bahwa menghitung keuntungan bisnis sangat penting. Mampu menginjili dan memperbaiki pemahaman akan manfaat IoT (24%), meningkatkan keamanan (17%) dan mencapai integrasi yang lebih besar dengan barang sehari-hari (11%) juga merupakan dasar untuk mencapai tingkat adopsi yang lebih tinggi. Penggunaan data dan wawasan akan meningkat karena penyedia IoT merekrut lebih banyak pengembang, insinyur dan arsitek perangkat lunak dengan keahlian data dan analisis yang besar. ”
Dengan siapa sebaiknya desainer kemasan berkolaborasi untuk mendapat kesuksesan di Dimensi ke-4 dan mengapa mereka?
Wagner: Kolaborasi dan mendapatkan sumber daya sangat penting untuk kesuksesan dan kemajuan. Perancang tradisional harus berkolaborasi dengan pemrogram, analis dan pemikir logis. Beberapa dari pemimpin di tempat itu sedikit, perusahaan kewirausahaan, ahli dalam pemrograman dan seringkali sulit ditemukan oleh perusahaan yang lebih besar. Hampir semua perusahaan barang konsumsi yang bergerak cepat (FMCGs) memiliki setidaknya satu, dan seringkali lebih banyak, agen-agen digital yang mereka tangani. Kebanyakan berfokus pada media sosial, dan menjangkau konsumen di dunia digital, sehingga kurang memberikan solusi pada produk fisik dan sisi paket.
Apa peluang paling menjanjikan yang Dimensi Keempat tawarkan dan mengapa?
Wagner: Saya percaya bahwa kesempatan yang paling menjanjikan akan datang sebagai “seseorang” yang mengkuantifikasi nilai Dimensi ke 4 dari desain sebagai bagian integral dari merek tertentu mereka – ketika sensor pada / di kemasan lebih dari sekedar hal baru, atau lebih dari sekedar rantai pasokan alat data.
 
Saat ini, banyak merek terkemuka menerapkan desain paket satu kali dan display di dalam toko, memanfaatkan teknologi ini. Ketika kita melihat kembali kategori pasta gigi misalnya, dan Colgate Total memasukkan lambang foil mahal untuk mengambil alih posisi no 1 dalam kategori ini, harganya tidak dapat dikurangi dan menghilangkan tambahan foil. Ini menjadi bagian penting dari mereknya, sekarang kita berjalan di lorong dan foil hologram yang digunakan di seluruh kategori. Mereka mengkomunikasikan kesegaran, bersinar dan bersih. Hal yang sama dapat dan akan terjadi di Internet Kemasan, disain Dimensi ke 4.
 
Sumber pustaka
Packaging Design on February 20, 2018
Lisa McTigue Pierce

Share this post