Mengenal Lebih Jauh Minuman Probiotik, Susu Fermentasi

Mengenal Lebih Jauh Minuman Probiotik, Susu Fermentasi

Minuman probiotik atau susu fermentasi merupakan susu hasil proses fermentasi oleh bakteri asam laktat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kini berbagai perusahaan memproduksi minuman tersebut dengan berbagai merk, guna memikat hati para konsumen.

Pada akhir abad ke-19, para ahli mikrobiologi menemukan bahwa orang sehat memiliki mikroba yang  berbeda dengan orang sakit. Mereka kemudian menamakan mikroba yang baik “probiotik” (artinya harfiahnya “untuk kehidupan”).

Sedangkan, para ahli Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mendefinisikan probiotik sebagai “mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah memadai akan menyehatkan tuan rumahnya”. Bakteri ini membantu pencernaan makanan, membatasi bakteri merugikan dan merangsang kekebalan tubuh.

Metchnikoff merupakan peneliti pertama yang mengembangbiakkan mikroba bermanfaat dari susu fermentasi. Penelitian Metchnikoff menginspirasi ilmuwan Jepang Shirota untuk memulai riset tentang hubungan bakteri usus dengan kesehatan.

Pada tahun 1935, dia berhasil mengembangkan bakteri khusus yang hidup dalam susu fermentasi. Bakteri tersebut dikenal dengan bakteri asam laktat yang terdapat dalam susu fermentasi seperti yogurt, yakult dan lain-lain.

Bakteri asam laktat ini biasa disebut sebagai Probiotik karena mampu menstimulasi pertumbuhan mikroorganisme baik lain yang tidak berbahaya bagi tubuh.

da 3 jenis bakteri yang digunakan untuk proses fermentasi susu yaitu, bakteri asam laktat yang bukan mikroflora yang biasa hidup dalam saluran usus, bakteri yang dapat mencapai usus dalam keadaan hidup tetapi bukan penghuni tetapi saluran usus, dan bakteri asam laktat mikroflora alami saluran usus.

Yang termasuk bakteri asam laktat antara lain Lactobacilli (Lactobacillus sp), Bifidobacteria (Bifidobacterium sp), dan Lactic cocci (Streptococcus, Peptococcus dan Leuconostoc sp).

Susu fermentasi yang mengandung bakteri asam laktat sangat bagus untuk sistem pencernaan. Bakteri asam laktat mampu memproses karbohidrat dalam susu yang disebut laktosa menjadi asam laktat.

Asam laktat yang dihasilkan akan menurunkan derajat keasaman (pH) dalam usus sehingga menghambat pertumbuhan bakteri merugikan dalam sistem pencernaan.

Bakteri asam laktat juga mampu menghilangkan bahan penyebab kanker dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya penghasil bahan karsinogen (bahan penyebab kanker).

Mekanisme Kerja Probiotik

Probiotik bermanfaat bagi kesehatan melalui salah satu proses berikut:

1. Persaingan untuk nutrisi. Untuk tumbuh dan berkembang baik, bakteri usus yang baik menggunakan nutrisi yang sama dengan bakteri patogen. Konsumsi probiotik membantu membatasi perkembangan bakteri patogen.

2. Persaingan untuk perlekatan. Salah satu fungsi penting bakteri probiotik adalah mencegah atau membatasi pertumbuhan bakteri patogen potensial (e.coli, salmonella, dll) pada dinding usus. Bakteri-bakteri buruk itu dapat mengganggu pencernaan, menghambat penyerapan nutrisi, dan menyebabkan diare atau muntah.

3. Merangsang kekebalan. Dengan mengoptimalkan keseimbangan mikroflora usus, probiotik memelihara dan merangsang imunitas tubuh. Bila dikonsumsi secara teratur, mereka membantu anda mengurangi risiko berbagai penyakit.

4. Memperbaiki pencernaan. Probiotik memproduksi enzim seperti polisakarida karbohidrat yang membantu mengurai makanan.

Sumber: terkini.id Oleh: Salmawati

Share this post