Mau Buka Usaha Sampingan dari Rumah? Biar Laris, Lakukan 5 Hal Ini

Mau Buka Usaha Sampingan dari Rumah? Biar Laris, Lakukan 5 Hal Ini

Membuka bisnis atau usaha sampingan di rumah aja di tengah situasi pandemi virus corona (Covid-19) adalah ide yang menarik. Sebab, usaha sampingan berpotensi memberikan sumber penghasilan baru atau tambahan yang menjanjikan.

Bisnis sampingan yang bermula dari rumah saja tak bisa dianggap remeh. Apalagi sekarang ini usaha kecil-kecilan juga mempunyai peluang yang sama tingginya untuk bertumbuh menjadi bisnis besar dan menguntungkan di masa depan.

Tidak perlu bingung mencari ide usaha. Ada banyak ide bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan mulai dari jualan makanan, minuman, frozen food kekinian, hingga alat-alat penunjang kesehatan seperti masker, hand-sanitizer, dan face shield.

Bagi Anda yang tergolong pemula alias belum pernah berdagang. Anda pasti bingung harus mulai dari mana? Modalnya berapa dan bagaimana biar usaha lancar?

Pertama-tama, sebaiknya Anda tak perlu kebanyakan berpikir alias overthinking. Miliki niat yang kuat, buat rencana dan mulai lakukan aksi nyata secara bertahap.

Kuncinya, pastikan Anda tidak malas untuk meluangkan waktu guna membuat rencana bisnis sederhana dan mencari ide-ide segar.

Nah, agar usaha sampingan yang baru dirintis laris manis, praktikkan tips ini:

1. Pilih Usaha yang Ingin Dibuka

Saat Anda membuat rencana bisnis, tentukan beberapa ide usaha yang cocok untuk Anda. Miliki beberapa ide usaha, lalu nanti tentukan mana yang akan dijadikan usaha utama, dan usaha cadangan.

Bagi Anda yang memiliki keterampilan, misalnya memasak. Anda bisa langsung mencari ide masakan atau membuat camilan kekinian.

Setelah ketemu ide usaha yang cocok, lakukan riset sederhana. Luangkan waktu untuk cek bagaimana orang lain berjualan dan sukses.

Misalnya, Anda ingin bisnis jualan pudding coklat. Riset pasar dengan cara memesan makanan dari toko A dan B. Tes bagaimana rasa makanan tersebut dan apakah seenak rasa pudding buatan Anda, dan lain sebagainya.

Usahakan untuk menciptakan suatu produk yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Biar laris manis, pastikan Anda menjaga kualitas dan memberikan harga jual yang kompetitif.

2. Tentukan Bujet Keuangan Khusus

Ketika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda jual, berikutnya tahapan penting yaitu modal. Modal usaha bisnis sampingan di rumah aja tidak perlu banyak, sebab Anda bisa mulai usaha dengan bujet kecil.

Agar keuangan Anda tetap sehat, sebaiknya Anda menyiapkan modal dulu sebelum Anda mulai usaha. Cara menyiapkan bujet keuangan khusus untuk modal usaha ini mudah.

Lakukan evaluasi keuangan, dan temukan pos-pos keuangan yang dapat dikurangi. Misalnya, tekan pos belanja online keperluan konsumtif dan ahlikan uang ini untuk modal usaha.

Namun, apabila keuangan Anda sudah sangat ketat dan tak ada yang bisa di hemat. Anda diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman untuk tambahan modal usaha.

Dengan catatan, Anda harus mengelola uang pinjaman ini dengan baik dan pastikan membayarnya tetap waktu.

3. Sulap Ruangan di Rumah Selayaknya Tempat Usaha

Agar Anda fokus dan bisa bekerja dengan baik, Anda bisa menyulap salah satu ruangan atau sudut di rumah Anda selayaknya tempat usaha atau kantor Anda. Supaya Anda semakin bersemangat, cetaklah logo usaha atau kata-kata motivasi, lalu tempelkan di dinding ruangan tersebut.

Gunakan tempat tersebut untuk meletakkan semua hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Semisal, Anda berjualan masker kain khusus buatan dan desain Anda sendiri.

Pastikan Anda memiliki tempat khusus untuk meletakkan mesin jahit, kain bahan masker hingga laptop atau buku gambar untuk membuat desain masker yang unik.

Bila diperlukan, Anda bisa melakukan renovasi untuk membuat ruangan kerja di rumah agar Anda semakin betah bekerja berlama-lama.

4. Umumkan Bisnis Anda kepada Tetangga

Apabila semua persiapan usaha rumahan Anda sudah mencapai 90 persen, cobalah untuk memasarkannya kepada tetangga sekitar.

Buatlah informasi yang menarik, seperti foto produk Anda dan mulailah memasarkan kepada tetangga online dan offline.

Lakukan promosi sederhana, seperti memposting foto produk Anda melalui sosial media pribadi dan bercerita kepada tetangga secara langsung. Semisal, Anda akan jualan pudding coklat regal, Anda bisa melakukan promosi ke tetangga sekaligus memberikan tester makanan.

Intinya, beranikan diri untuk mempromosikan bisnis sampingan baru Anda. Informasikan dengan jelas apa yang Anda jual, apa keungulan produk Anda dan bagaimana mereka bisa mendapatkannya.

Jangan ragu untuk memberikan promo spesial saat pemesanan perdana agar banyak orang mengenal jualan Anda.

5. Pasarkan Produk secara Online

Usaha zaman sekarang akan cepat laris manis apabila dijual secara online. Jadi, apapun usaha rumahan yang Anda pilih, jangan lupa untuk menjualnya secara online.

Caranya, Anda bisa membuka toko online gratis melalui e-commerce, atau menjual makanan atau minuman melalui aplikasi pesan makanan online.

Siapkan logo produk dan foto produk yang menarik. Berikan juga deskripsi produk dengan jelas.

Berikan harga yang bersaing dengan harga pasar. Berikan konsumen banyak kemudahan untuk membeli produk Anda dan juga keuntungan lainnya, misalnya memberikan gratis ongkir atau potongan harga.

Sabar untuk Meraih Cuan

Jika Anda sudah siap untuk memulai buka usaha sampingan di rumah aja, jangan lupa untuk sabar. Anda bisa jadi sudah memiliki perencanaan bisnis yang matang, promosi yang lancar dan promosi online yang kencang.

Tapi ingat, semua ada prosesnya masing-masing. Apabila hasilnya tidak sesuai dengan harapan Anda, tak perlu putus asa di awal.

Terus lakukan yang terbaik untuk usaha Anda sampai Anda mendapatkan hasil keuntungan yang Anda inginkan. Semangat berbisnis ya!

Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

 

Share this post