Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada UKM

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada UKM

Salah satu tujuan dari marketing adalah memastikan agar produk atau jasa yang dibuat perusahaan dapat dikenal masyarakat, sehingga nantinya perusahaan dapat mendapatkan laba dari penjualannya. Maka tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil seperti UKM juga harus memiliki strategi pemasaran. Justru malah jenis usaha menengah dan kecil yang harus gencar membuat dan menjalankan strategi pemasaran. Sehingga UKM menjadi lebih berkembang.

Namun, masalahnya beberapa UKM masih bingung dalam menerapkan atau mengaplikasikan konsep dari strategi marketing. Padahal jika saja mereka mau menerapkan dan mengaplikasikan dengan baik akan membantu bisnis mereka menjadi lebih berkembang dan maju. Karenanya, artikel kali ini akan membahas mengenai pengaplikasian salah satu konsep strategi marketing pada sebuah usaha.

Strategi pemasaran memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yang sudah kita kenal yakni strategi pemasaran 4P atau yang biasa disebut juga strategi marketing mix. Untuk mengingatkan sedikit, strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tepat) dan promotion (promosi) yang dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan di pasar.

Ada banyak sekali usaha atau jenis UKM di Indonesia. Sebagai informasi pemilihan carica ini penulis pilih secara random. Bukan berarti bahwa penerapan strategi pemasaran 4P hanya dapat dilakukan untuk usaha carica tetapi strategi pemasaran 4P ini dapat diterapkan dalam berbagai jenis usaha.

Carica merupakan salah satu nama buah yang banyak tumbuh di dataran tinggi dieng. Buah carica adalah kelompok keluarga dari buah pepaya. Namun, buah carica hanya dapat tumbuh di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu rendah sehingga sering disebut dengan pepaya gunung. Perbedaan buah carica dan pepaya yaitu ukuran buah carica yang lebih kecil dari buah pepaya, selain itu rasa carica jika tidak diolah adalah pahit sementara pepaya manis. Carica ini banyak diolah dan dijual oleh para pelaku UKM di wonosobo dalam bentuk manisan. Itulah deskripsi sedikit mengenai produk UKM buah carica, selanjutnya yaitu penerapannya dengan strategi pemasaran 4P.

Product (Produk)

UKM Berkah Rizky (misalnya), memproduksi manisan carica dengan kemasan merek Carica Rizky. Cara pembuatan manisan carica adalah sebagai berikut buah carica yang sudah matang dipetik kemudian dikupas menggunakan sarung tangan karena banyak getahnya, selanjutnya buah dipisahkan dari bijinya lalu direbus hingga mendidih dan diberikan gula kemudian carica dikemas. Produk manisan carica yang sudah jadi dikemas dalam dua variasi yaitu 350 gram dan 125 gram.

Produk manisan carica mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks dan gula dan juga serat yang tinggi sehingga dapat memperlancar proses perencanaan. Buah carica juga mengandung karotin, vitamin C dan flafonoid yang membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu juga mengandung enzim papain, khimopapain, glicopeptidase serta lisosim yang bermanfaat mengatasi nyeri punggung.

Produk manisan carica ini menawarkan  kelebihannya yang memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh dan juga pembuatannya yang tanpa menggunakan bahan pengawet. Selain itu, produk tersebut juga mampu bertahan meskipun tanpa bahan pengawet. Adanya dua pilihan kemasan juga memudahkan konsumen untuk memilih nya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Beberapa hal ini dapat dijadikan strategi pemasaran untuk meningkatkan konsumen.

Price (Harga)

Salah satu strategi dalam strategi pemasaran adalah mengenai harga. UKM Berkah Rizky mencantumkan harga dari produk manisan carica nya. Harga manisan carica di pasaran sangat variatif sehingga dengan menerapkan harganya dalam kemasan akan membuat konsumen lebih mudah membandingkan dengan kompetitor. Maka UKM Berkah Rizky juga harus menetapkan harga yang kompetitif. Apabila perusahaan akan menaikan harga kedepannya sebaiknya perusahaan juga memperhatikan persepsi konsumen.

Place (Tempat)

UKM Berkah Rizky memiliki tempat produksi yang berada di wonosobo dimana tempat bahan baku yakni carica memang banyak tumbuh disana. Produk manisan carica sekarang telah menjadi produk atau oleh-oleh khas wonosobo. Nah UKM Berkah Rizky dapat memasarkannya di pusat toko oleh-oleh, toko di tempat pariwisata, warung-warung sepanjang jalan jalur wisata selain di rumah produksinya tentunya. Sehingga akan sangat mudah untuk konsumen menemukan produk manisan Carica Rizky ini.

Promotion (Promosi)

Promosi merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Media yang digunakan untuk melakukan promosi seperti poster, selebaran, spanduk, pamflet, social media, iklan di radio. Beberapa cara promosi yang dilakukan cukup efektif jika dibandingkan dengan penjualannya yang terus meningkat. Sehingga strategi promosi selanjutnya dapat berupa target seperti meningkatkan segmentasi konsumen dan juga meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal mengingat produk manisan carica adalah produk oleh-oleh khas daerah wonosobo.

Itulah cara menerapkan strategi pemasaran 4P dalam sebuah produk UKM. Mudah bukan? Sekarang saatnya, Anda mencoba melakukan strategi pemasaran 4P tersebut. Sementara  untuk membantu masalah pengelolaan keuangan yang sering dihadapi oleh UKM, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal software akuntansi online.

Sumber : jurnal.id oleh Witdya Pangestika

Share this post