10 Manfaat Memasak dengan Cara Sous Vide atau Rebus Makanan Dalam Kemasan dengan Suhu Lebih Rendah

10 Manfaat Memasak dengan Cara Sous Vide atau Rebus Makanan Dalam Kemasan dengan Suhu Lebih Rendah

Memasak sous vide juga memiliki banyak manfaat. Dengan memasak makanan pada suhu yang lebih rendah, Anda dapat meningkatkan tekstur, rasa dan kelembutan, juga manfaat kesehatan dan gaya hidup lainnya.
Mengapa memasak dengan cara sous vide?
1. Makanan lebih lezat dan menarik.
Karena makanan di vakum didalam kantung plastik tahan panas, makanan tidak akan menjadi kering dan tidak akan kehilangan bentuknya. Bentuk aslinya, rasa, warna dan aromanya tidak akan hilang. Artinya, Anda dapat memasak bahan makanan yang lebih murah dengan rasa harga makanan mahal!

2. Makanan sehat
Karena cara masak sous vide akan menjaga rasa, maka hanya perlu sedikit atau bahkan tidak ada tambahan garam atau minyak selama memasak. Dan juga, dengan vacuum sealing berarti vitamin dan mineral tidak hilang selama proses memasak, tidak seperti cara mendidihkan biasa, memasak di atas pan atau mengukusnya.

3. Makanan kualitas restoran
Tidak hanya makanan lebih lezat, tetapi Anda akan merasakan juga tekstur makanan sebenarnya, yang kelembaban, kerenyahannya, hilang saat proses masak biasanya.

4. Hasil baik yang konsisten
Bila Anda memiliki sous vide water bath dengan pengatur temperatur, setiap kali memasak makanan yang sama, akan menghasilkan hasil yang sama pula.

5. Makanan yang kurang matang atau gosong, tidak akan terjadi
Saat memasak di atas pan, beresiko makanan akan matang diluar, tetapi didalamnya masih mentah. Jika memasak hingga matang pada bagian dalamnya, maka bagian luarnya akan menjadi gosong. Dengan cara masak sous vide, hal ini bukan masalah. Makanan akan matang merata disuhu yang lebih rendah, dan dapat dibakar bagian luarnya bila ingin hasil yang lebih kecoklatan.

6. Kemudahan dalam mengatur waktu memasak
Salah satu hal lagi tentang keuntungan sous vide adalah kemudahan dalam mengontrol waktu masak Anda. Anda dapat memasak dengan teknik sous vide dan meninggalkannya untuk melakukan hal lain, bahkan bisa semalaman!

7. Mudah dan praktis
Setelah Anda sudah menyiapkan makanan yang akan dimasak, memasukan makanan ke dalam pouch tahan panas, dan dengan mudah menempatkannya dalam wadah berisi air pada suhu yang tepat. Ada berbagai makanan dapat disiapkan dan dimasak di bawah 30 menit.

8. Memasak dalam jumlah besar
Sous vide juga memudahkan untuk memasak banyak porsi individual untuk banyak orang, tentunya sangat membantu persiapan makanan bila ada makan malam keluarga atau pesta.

9. Membantu untuk berhemat
Sous vide dapat meminimalisir makanan terbuang sia-sia dengan memasak per porsi individu.

10. Memperpanjang shelf-life makanan
Makanan yang dimasak menggunakan sous vide metode harus cepat didinginkan dan dibekukan jika diperlukan, kemudian dapat dicairkan dan dipanaskan lagi kemudian. Tentunya lebih tahan lama karena makanan divakum.

Sumber: cliftonathome.co.uk dengan pengeditan seperlunya

Share this post